Sukses

Balik Mudik Jangan Bingung Pilih Oleh-Oleh Khas Surabaya, dari Kue sampai Sirop

Liputan6.com, Surabaya - Sempatkan membeli oleh-oleh saat mudik ke Surabaya. Sederet makanan dan minuman di Surabaya ini tahan lama dan tepat untuk menjadi oleh-oleh yang dibawa ke luar kota.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam oleh-oleh Surabaya yang bisa menjadi teman saat sudah selesai mudik.

1. Kue Blinjo

Kue kering khas Surabaya ini berbentuk bulat seperti nastar. Disebut blinjo karena kue ini terbuat dari emping melinjo. Rasanya gurih, manis, dan lembut sudah pasti bikin ketagihan.

2. Kerupuk ikan kenjeran

Kerupuk ikan yang satu ini merupakan kerupuk olahan. Selain kerupuk udang, ada pula rumput laut, kerupuk kerang, dan sebagainya.

Kerupuk ini bisa dibeli dalam bentuk mentah dan matang untuk oleh-oleh.

3. Suoklat Suroboyo

Penyuka makanan manis wajib membeli oleh-oleh yang satu ini. Beragam cokelat tersedia di Suoklat Café Surabaya, mulai dari rasa tiramisu praline, green team mango, dan stroberi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Bandeng Asap Surabaya

4. Bandeng Asap Surabaya

Bandeng asap bisa menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang tahan lama. Prosesnya melalui pengasapan sehingga awet dan pas dibawa ke luar kota.

5. Siropen Telasih

Siropen Telasih termasuk oleh-oleh legendaris khas Surabaya. Minuman khas ini sudah ada tahun 1923.

Minuman khas ini dibuat oleh warga Belanda bernama Van Drongelen. Siropen Telasih menjadi minuman oleh-oleh Surabaya yang terkenal. Ada sejumlah varian rasa yang bisa dipilih, seperti mawar, leci, caramel, jeruk, vanili, dan sebagainya.

6. Keripik Ceker Ayam

Keripik ceker ayam Surabaya memiliki rasa gurih dan dan tekstur renyah ketika digigit. Camilan dari kaki ayam ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Surabaya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.