Sukses

Jadi Penari Seblang Olehsari, Ini Pantangan Susi Susanti

Liputan6.com, Banyuwangi - Susi Susanti, perempuan yang dipilih sebagai penari Seblang Olehsari Banyuwangi, mempunyai pantangan sebelum memerankan tarian. Selama perhelatan tradisi ini dia dilarang berhubungan badan dengan suaminya.

Sebagai informasi dalam ritual seblang olehsari, umumnya penari adalah seorang yang masih gadis atau perawan. Namun di tahun ini yang dipilih oleh leluhur adalah Susi Susanti yang notabene sudah menikah.

Di pagelaran sebelumnya yakni pada 2018 dan 2019, Susi Susanti masih belum menikah. Sementara pada 2022 tepatnya Maret lalu Susi telah melangsungkan pernikahan.

Susi Susanti mengatakan, semula dia berpikir bukan dirinya yang bakal menjadi penari seblang di tahun ini. Namun leluhur berkata lain, ia justru yang terpilih.

"Saat itu saya dari rumah suami, pulang ke rumah olehsari lalu saya dikabari bila saya yang dipilih. Akhirnya saya ngomong suami, Alhamdulilah suami juga menerima," kata Susi saat ditemui di kediamannya, Kamis (12/5/2022).

Susi mengatakan, pantangannya adalah dilarang berhubungan badan dengan suaminya sebelum dan selama perhelatan Seblang ini berlangsung.

Sebelum menikah, dirinya sudah menyampaikan pada pria idamannya itu bila masih memiliki tanggungan. Beruntung pria yang kini menjadi suaminya itu menerima.

Namun kini, lanjut Susi, selama perhelatan tarian mistis ini selalu berharap suaminya selalu berada didekatnya. Ia kerab kali kepikiran bila berjauhan dengan sang suami.

"Pernah kemarin suami mau pamit kerja, karena sejak seblang ini cuti. Dia pamit saya kepikiran, akhirnya saat proses ritual saya kesulitan karena kepikiran. Mata dan telinga panas," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Tari Seblang untuk Kebaikan Desa Olehsari

Sementara itu Novi Syahbani, suami Susi Susanti tidak membuat pantangan itu menjadi beban. Menurutnya proses ritual seblang ini bertujuan untuk kebaikan desa maupun masyarakat. Ia bahkan rela cuti kerja dan dengan setia mendampingi istrinya selama tradisi ini berlangsung.

"Kebetulan saya juga suka seni. Apalagi ini seblang, tradisi yang bertanggungjawab untuk kepentingan orang banyak," ujarnya.

Sebagai informasi seblang Olehsari merupakan tradisi masyarakat Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi yang digelar di setiap bulan Syawal.

Pada 2022 ini Seblang digelar mulai Jumat (6/5/2022) hingga Kamis (12/5/2022).

Semacam upacara selamatan Desa, tujuan diadakannya ini adalah sebagai ungkapan syukur kepada tuhan, sekaligus memohon keselamatan.

Tradisi ini dihelat di sebuah pelataran, dimana seorang penari akan dirasuki oleh roh leluhur. Lalu melenggak-lenggok mengikuti alunan gamelan dan nyanyian sinden selama berjam-jam lamanya.