Sukses

Modus Ajak Ngopi, 3 Sales di Tuban Gondol Mobil Rekan Kerja

Liputan6.com, Tuban - Tiga sales perusahaan di Tuban nekat menggondol mobil rekan kerjanya dengan modus mengajak minum kopi. Meraka berdalih butuh uang lantaran penghasilannya masih kurang.

“Satu pelaku telah diamankan dan dua sales lainnya masih DPO,” ungkap Kapolres Tuban AKBP Darman, Jumat (13/5/2022).

Kasus pencurian dengan pemberatan itu bermula ketika para pelaku mengajak korban untuk minum kopi di gang depan kantornya, di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Rabu malam (20/4/2022).

Korban itu berinisial AN (33), yang  menjabat sebagai supervisor di perusaan yang sama dengan pelaku. 

“Korban dengan pelaku sama-sama kenal, karena bekerja di perusahaan yang sama,” tambah Kapolres Tuban.

Menurutnya, saat minum kopi ketiga pelaku memiliki rencana untuk mencuri mobil Xenia L-1696-TY milik korban. Lalu, salah satu pelaku secara diam-diam mengambil kunci mobil tersebut.

“Selanjutnya setelah kunci kontak dikuasai maka korban ditinggal di warung kopi dan mobil milik korban dibawa oleh ketiga pelaku rencananya untuk dijual,” jelas mantan Kapolres Sumenep itu.

Atas kejadian itu, korban melaporkan kasus pencurian mobil tersebut ke pihak kepolisian. Mendapat laporan, anggota Satreskrim Polres Tuban langsung bergerak dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan sejumlah barang bukti.

“Tim langsung melakukan serangkaian proses penyelidikan atas kejadian tersebut,” ungkap AKBP Darman.

2 dari 2 halaman

Direncanakan

Mobil korban dibawa pelaku ke wilayah Jawa Barat. Selanjutnya, tim penyelidik meminta bantuan anggota Satreskrim Polsek Leuwisari dan Satreskrim Polres Tasikmalaya Polda Jawa Barat untuk melakukan upaya pencarian posisi kendaraan mobil tersebut.

“Mobil berhasil diamankan anggota di Tasikmalaya. Saat itu, mobil dikendarai pelaku berinisial IP, dan langsung diamankan anggota,” terang Kapolres Tuban.

Lebih lanjut, barang bukti mobil dan satu pelaku itu langsung dibawa anggota ke Mapolres Tuban guna proses penyelidikan lebih lanjut. Dihadapan penyidik, dia nekat mencuri mobil Xenia karena merasa gajinya kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Mereka mencuri karena penghasilan kurang maka ketiga pelaku sepakat untuk merencanakan pencurian dan melakukan pencurian mobil,” pungkasnya.