Sukses

ASN Baru BMKG Diminta Kerja Cerdas dan Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta seluruh calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan BMKG untuk bekerja cerdas dan produktif.

Dwikorita mendorong adanya inovasi dengan pemanfaatan teknologi guna semakin memperkuat sistem peringatan dini dan layanan informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG)

"Saya ingin kehadiran Anda semua semakin memperkuat BMKG. Tidak sekedar cepat, namun juga tepat, akurat, andal, dan terpercaya," ungkap Dwikorita saat pembekalan penempatan CPNS STMKG 2021 secara virtual, baru-baru ini.

Menurut Dwikorita, tantangan BMKG sebagai satu-satunya organisasi pemerintah yang menyelenggarakan urusan bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika semakin kompleks dan tidak pasti Karenanya, Ia meminta kepada seluruh CPNS STMKG untuk terus berlomba-lomba menciptakan terobosan-terobosan sesuai keahliannya.

Dwikorita juga meminta CPNS terus belajar dan mengembangkan diri serta mampu mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi di tengah dunia yang penuh dengan disrupsi informasi dan ketidakpastian saat ini.

"Anda semua harus mampu mempelajari hal-hal baru baik secara mandiri maupun melalui pelatihan-pelatihan. Saya mendorong Anda semua untuk terus belajar, karena pendidikan yang akan mengangkat derajat Anda. Cari beasiswa, segera sekolah lagi," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Kuasai Bahasa Asing

 Secara khusus, Dwikorita menekankan pentingnya penguasaan bahasa asing kepada CPNS di lingkungan BMKG untuk menghadapi globalisasi dan kompetisi global. Penguasaan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris, tidak hanya untuk membantu dalam bekerja tetapi juga untuk belajar.

"Kalau bagus, karir Anda tidak cuma di Indonesia, tapi juga di kancah internasional. Di Badan Meteorologi Dunia (WMO) misalnya, kesempatan itu ada. Jadi, kuasailah bahasa asing, jangan pernah berpuas diri," ujarnya.

"Perkuat silaturahmi dan jejaring. Bangun sinergitas dengan pihak-pihak strategis. Juga team working harus terus dibangun, dipelihara, dan diperkuat," tambah dia.

Dalam kesempatan tersebut, Dwikorita juga menyinggung terkait penempatan para CPNS STMKG. Bagi mereka yang ditempatkan jauh dari asal daerahnya, Dwikorita berpesan untuk tidak kecewa atau merasa diri dibuang ke tempat yang jauh.

Sebaliknya, jadikan penempatan tersebut sebagai ajang aktualisasi diri dan penggemblengan untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Sehingga kedepan akan menjadi aparatur sipil negara yang berintegritas, penuh dedikasi, dan tahan banting.