Sukses

Ular Kobra 2 Meter Satroni Rumah Warga di Banyuwangi

Liputan6.com, Banyuwangi - Kehebohan terjadi di rumah Lida, warga Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Ular Kobra sekitar 2 meter menyatroni rumahnya.

Dalam sebuah rekaman video amatir yang beredar, ular tersebut berkeliaran bebas di ruang tamu. Ular naik ke meja yang masih dipenuhi kue lebaran.

Pemilik panik dan kocar-kacir. Lida lantas keluar rumah dan mengunci pintu itu dari luar. Warga pun mengerumuni rumah Lida penasaran dengan aksi si ular

Pemilik rumah segera melaporkan insiden ini ke petugas pemadam kebakaran, sehingga segera bisa ditangani.

Kabid Pencegahan dan Penyelamatan Dinas Damkar Banyuwangi Wahyudi Eko Prasetyo mengatakan setelah mendapat kabar petugas segera mendatangi lokasi.

"Petugas mengirimkan Tim Regu 1 dan Relawan Aden Sadewa. Tim tiba pada pukul 20.15 WIB," kata dia, Selasa (17/5/2022)

Setelah tiba petugas langsung berupaya cepat melakukan pengamanan. Petugas menangkap ular tersebut dengan menggunakan penjepit. Ular sempat memberontak namun masih bisa dikendalikan oleh petugas. Proses evakuasi berlangsung sekitar 30 menit.

"Ular berhasil ditaklukkan, untuk sementara ular dievakuasi ke tempat yang lebih aman," tandasnya.

Wahyudi menghimbau masyarakat jika di rumah mapun di tempat lain terdapat ular berbisa seperti ular kobra dan ular berbisa lainya untuk tidak bertindak sendiri tanpa alat pengaman. Sebab hal itu sangat berbahaya.

"Masyarakat bisa memanggil petugas damkar untuk mengevakuasi ular itu,"papar Wahyudi.

2 dari 2 halaman

Bisa Akibatkan Kematian

Kandungan bisa ular kobra secara dominan berisi mycotoxin, cardiotoxin,neurotoxin dan cytotoxin. Bisa ular kobra yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kematian.

Neurotoxin bisa melumpuhkan sraf, cardiotixin menyerang jantung, sedangkan cytotoxin merusak sel. Hal yang menyebabkan kematian pada manusia adalah kandungan cardiotoxin dan juga neurotoxin.

Durasi waktu bisa ular dapat menyebabkan kematian ini bisa berbeda, tergantung dari jumlah bisa yang masuk ke dalam badan manusia. Jika jumlahnya cardiotoxin dan neurotoxin banyak maka orang yang digigit ular dapat meninggal beberapa menit hingga hitungan jam.

Bahkan The Quarterly Journal of Medicine pernah melansir jika bisa ular mematikan dalam waktu 30 menit jika tidak mendapatkan pertolongan.