Sukses

Diduga Nyabu, Polisi Ambil Sampel Darah Sopir Bus Kecelakaan Maut Tol Sumo

Liputan6.com, Surabaya - Direktur Ditlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan, sopir bus kecelakaan maut yang kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Ade Firmansyah (28) disinyalir mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

"Hasil dari tes urinenya positif narkotika jenis sabu, namun yang bersangkutan masih belum mengaku," ujarnya di Gedung Ditlantas Mapolda Jatim, Selasa (17/5/2022).

Guna memastikannya, lanjut Latif, penyidik sedang melakukan pengambilan sampel darah Ade Firmansyah untuk dilakukan pengujian laboratorium forensik (Labfor).

"Pengemudi ini menggunakan sejenis sabu. Hari ini, kami mengambil darah untuk kita kirim ke Labfor, untuk memastikan kandungan apa yang ada di pengemudi ini," ucapnya.

Latif mengatakan, pihaknya juga akan melibatkan pihak Satresnarkoba Polres Mojokerto Kota untuk mendalami temuan dugaan Ade Firmansyah terindikasi mengonsumsi sabu.

"Kami akan dalami, mulai kapan yang bersangkutan memiliki kebiasaan mengkonsumsi sabu dan dapat dari mana narkotika tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata Latif, kapan terakhir kali Ade Firmansyah mengkonsumsi sabu, sebelum terjadinya kecelakaan. Karena, terdapat temuan kronologi bahwa selama perjalanan menuju Wonosobo, Dieng, Ade Firmansyah diketahui tidak ikut kegiatan liburan di destinasi wisata.

"Kan ada waktu waktu selama perjalanan di Surabaya, di Wonosobo sampai Jogya ini, ada sempat dia berhenti, dan ada satu jam dia tidak ikut acara di Dieng, yaitu satu jam di tempat makan," ucapnya.

"Apakah itu. Nanti kita akan dalami dari resnarkoba yang akan dalami untuk penggunaan narkobanya," imbuh Latif.

2 dari 2 halaman

Daftar Korban Meninggal

1. Titis Hermi Yuni, Jl. Benowo Gang 2 No 11 Surabaya

2. Ainur Rofiq, Jl. Benowo Gang 3 No 29 Surabaya

3. Dedy Purnomo, Jl. Benowo Surabaya

4. Diany Asterelia, Kauman Mo. 25 RT 03 RW 02 Kel. Benowo Kec. Pakal Surabaya.

5. Nita Ning Agustin 

6. Gibran, Laki-laki 7 tahun 

7. Andik 

8. Asminah, Jl. Benowo Gg 3 Surabaya

9. Fitasari, Jl. Benowo Gg 3 Surabaya 

10. Suprayito 

11. Cholifah

12. Maftukah, 51 tahun

13. Steven Arthur A, 10 tahun

14. Stevani Grasio, 14 Tahun