Sukses

Mengenal Tokoh Nahdliyin Inspiratif, Zainudin Amali Menteri yang Dekat Ulama

ZA yang mengantongi kartanu dari PCNU Surabaya ini sebelumnya adalah Ketua Komisi II DPR RI, ia Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Zainudin Amali atau ZA adalah kader Nahdlatul Ulama Surabaya yang saat ini menjadi Menpora RI. Ia tak kenal lelah menuntut ilmu hingga meraih jenjang tertinggi pendidikan formal sebagai Doktor di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada usia 57 tahun.

ZA yang mengantongi kartanu dari PCNU Surabaya ini sebelumnya adalah Ketua Komisi II DPR RI, ia Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur. ZA juga pernah memimpin Partai Golkar Jatim, sehingga punya hubungan yang erat dengan ulama dan tokoh NU Jawa Timur.

Tak hanya itu, Zainudin Amali juga dekat dengan para tokoh muda, khususnya dari kalangan Nahdliyin di Jawa Timur. Sehingga, saat Zainudin Amali berada di Jawa Timur, dia merasa seperti pulang ke rumah.

Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin, Muhammad Didi Rosadi mengakui ketokohan Zainudin Amali memang tidak perlu diragukan lagi.

"Bahkan, banyak tokoh nasional juga mengakui kiprah Pak Zainudin Amali," terang pria yang kerap disapa Diday, Selasa (17/05/2022).

Jurnalis Harian Bangsa ini mengungkapkan, sebagai Menpora ZA juga sukses membina olahraga di tanah air. Terbukti olahraga di tanah air menggeliat, baik olahraga prestasi mau pun olahraga masyarakat. Termasuk kompetisi sepak bola liga Indonesia yang merupakan olahraga paling digemari di Indonesia.

Oleh karena itu, Diday menyatakan Zainudin Amali memang layak mendapatkan anugerah "Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022".

"Beliau merupakan kader NU, dan punya kontribusi besar untuk bangsa ini, khususnya perhatiannya di bidang olahraga tidak perlu diragukan lagi," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Lain

Selain, Zainudin Amali juga terdapat tokoh-tokoh lainnya yang mendapatkan penghargaan itu. Mereka adalah, Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa PDTT RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) dan Mundjidah Wahab (Bupati Jombang), serta Anik Maslachah (Wakil Ketua DPRD Jatim).

"Penghargaan ini dalam rangka harlah FJN ke-2. Insya Allah akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun," pungkas kader Ansor ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.