Sukses

Pengamat: Dukungan Relawan Jokowi Kuatkan Pesona Erick Thohir Terhadap Parpol

Liputan6.com, Jakarta Sepuluh simpul relawan Jokowi Jawa Timur (Jatim) di Pilpres 2019 menyatakan dukungan kepada  Menteri BUMN RI Erick Thohir maju pilpres 2024. Kabar ini kemudian menjadi perhatian bagi Pengamat Politik Jatim Surokim Abdussalam.

Surokim menilai dukungan 10 simpul relawan Jokowi Jatim kepada Erick Thohir berpotensi meningkatkan daya saing di peta perpolitikan nasional. Tak hanya itu, dukungan ini juga sarat akan potensi untuk meningkatkan elektabilitas Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf tersebut.

“Saya pikir dukungan itu akan memberi suntikan semangat untuk Pak Erick Thohir mengingat sebentar lagi akan memasuki tahap kandidasi parpol. Hal ini bisa meningkatkan daya saing dan elektabilitas Pak Erick Thohir,” ujar Surokim, Kamis (19/5/2022).

Surokim mengatakan dukungan dari para relawan Jokowi ini sangat penting dalam mengantarkan Erick Thohir ke gelanggang Pilpres 2024. Apalagi, lanjut Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) ini, para relawan telah terbukti berhasil mengantarkan Jokowi menjadi presiden selama dua periode.

“Dukungan relawan akan sangat berarti dan bermakna dalam kontestasi pilpres langsung, apalagi relawan Jokowi sudah punya pengalaman dua pemilu pilpres,” terangnya.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Dukungan

Sebelumnya sebanyak 10 simpul relawan Jokowi di Jatim mendeklarasikan dukungan untuk Erick Thohir. Mereka percaya figur Eks Presiden Klub Inter Milan itu adalah sosok yang tepat untuk melanjutkan program-program dan kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Kami 10 simpul relawan Jokowi di Jawa Timur menyatakan dukungan untuk Pak Erick Thohir menjadi presiden di 2024. Kami sangat yakin, kami optimis bahwasanya Pak Erick Thohir mampu meneruskan visi Pak Jokowi membawa Indonesia maju dan sejahtera,” ujar Koordinator 10 simpul relawan Jokowi Jatim, Fahmi Ismail.

Adapun 10 simpul relawan Jokowi Jatim ini di antaranya adalah adalah Cempro Jokowi (Central Mahasiswa Pro Jokowi), Rejo (Relawan Jokowi), Siji (Solidaritas Milenial Jokowi), Jamu Jokma (Jaringan Muda Jokowi-Maruf) dan Jo Smart (Jokowi Sebelas Maret). Ada juga Arjo (Aliansi Relawan Jokowi), Kyai Muda Jatim, For One, GK Jo Jatim (Galang Kemajuan Jokowi Jatim) dan terakhir adalah Jokowi Milenial Jatim.