Sukses

Banjir Rob di Pesisir Surabaya Bikin Sejumlah Ruas Jalan Macet

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah ruas jalan di Kota Surabaya mengalami kemacetan, salah satunya yaitu Jalan Kalianak akibat dari bencana banjir rob atau pasang air laut yang terjadi di wilayah pesisir Kota Pahlawan itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya mengatakan bencana banjir rob merupakan fenomena alam yang kerap terjadi di Surabaya.

"Dampak banjir rob ada beberapa kawasan terjadi kemacetan lalu lintas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Ridwan Mubarun, dilansir dari Antara, Kamis (19/5/2022).

Menurut ia, banjir rob merupakan fenomena alam yang rutin terjadi setiap bulan purnama, ketika air laut mengalami pasang maksimal dan mengenangi daratan rendah di sekitarnya.

"Ada beberapa wilayah di Surabaya yang rawan terkena banjir rob," ujar Ridwan.

Ridwan menyebut beberapa kawasan atau kelurahan yang berpotensi terdampak banjir rob berada di Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo, Kelurahan Genting Kalianak Kecamatan Asemrowo, Kelurahan Kedungcowek Kecamatan Bulak, dan Kelurahan/Kecamatan Gunung Anyar.

Sedangkan lokasi potensi jalan rawan genangan akibat banjir rob, di antaranya Jalan Kalimas Kecamatan Pabean Cantian, Jalan Greges-Kalianak Kecamatan Asemrowo, Jalan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak, dan Jalan Medokan Sawah Kecamatan Gunung Anyar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Berlangsung 3 Sampai 4 Jam

Menurut Rdiwan, air rob di Surabaya dengan ketinggian sekitar 50 cm akan surut dengan sendirinya seiring waktu.

"Air rob biasanya berlangsung 3 hingga 4 jam dengan ketinggian air di daratan yang terkena sekitar 50 cm sampai dengan 60 cm. Setelah itu surut sendirinya," sebut dia.

Mengenai rumah warga yang tergenang air rob, Ridwan mengatakan ada rumah di kawasan pesisir terdampak banjir rob, tetapi tidak terlalu menjadi masalah karena air cepat surut.

"Cuma yang berdampak ya itu kemacetan," ujar Ridwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.