Sukses

Perempuan Pengepul Benih Lobster Ilegal di Jember Dibekuk Polisi

Barang bukti yang diamankan yakni 3.000 benih lobster dan kami akan terus mengembangkan penyelidikan karena sebulan terakhir tercatat ada tiga kasus penjualan benih lobster secara ilegal di Jember.

Liputan6.com, Jember - Seorang perempuan berinisial W warga Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres Jember. W diduga sebagai pengepul benih lobster ilegal di wilayah itu.

Kepala Polres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan bahwa penjualan benih lobster ilegal yang dilakukan W sudah berlangsung selama hampir satu tahun.

"Tersangka W mengakui kegiatan penjualan benih lobster secara ilegal itu sudah berlangsung hampir satu tahun," kata dia dalam konferensi pers di Markas Polres Jember, Kamis (19/5/2022), dilansir dari Antara.

Ia mengatakan pengepul membeli benih lobster dari nelayan dengan harga Rp9.000 untuk benih lobster mutiara dan Rp5.000 untuk benih lobster pasir per ekornya, kemudian dijual kepada pembeli sebesar Rp12.000 per ekor untuk benih lobster mutiara dan Rp6.250 per ekor untuk benih lobster pasir.

"Yang bersangkutan tidak memiliki izin untuk memperjualbelikan benih lobster yang didapatkan dari nelayan di wilayah Kecamatan Puger, sehingga hal tersebut melanggar undang-undang," katanya.

Ia menjelaskan tersangka dijerat pasal 26 ayat 1 UU Nomor 45/2009 tentang Perikanan juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dan pasal 92 juncto pasal 26 UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja dengan ancaman untuk pelaku adalah maksimal 8 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.

"Kami juga menerapkan pasal 88 UU Nomor 45/2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31/2004 tentang Perikanan dengan ancaman hukuman penjara 6 tahun dan denda Rp1,5 miliar," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Ribu Benih Lobster

Polres Jember terus mengembangkan kasus tersebut untuk mencari agen atau pembeli di tingkat atasnya karena di wilayah Kecamatan Puger rentan sekali terjadi penjualan benih lobster secara ilegal.

"Barang bukti yang diamankan yakni 3.000 benih lobster dan kami akan terus mengembangkan penyelidikan karena sebulan terakhir tercatat ada tiga kasus penjualan benih lobster secara ilegal di Jember," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.