Sukses

Erick Thohir Jamin Subsidi BBM untuk Nelyan dan Petani Tetap Stabil

Liputan6.com, Banyuwangi - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk masyarakat kecil terus berlanjut. Hal tersebut sekaligus menjawab isu-isu terkait kenaikan harga BBM yang dikeluhkan masyarakat.

Eks Presiden Klub Inter Milan itu mengatakan pemotongan subsidi BBM hanya diberlakukan untuk masyarakat berpenghasilan tinggi saja. Untuk masyarakat kecil, lanjut Erick Thohir, konsistensi harga BBM akan terus diupayakan oleh pemerintah.

“Yang naik itu BBM untuk orang kaya. Tidak mungkin misalnya yang mampu kita subsidi. Tapi misalnya nelayan, petani dan masyarakat yang belum mampu akan terus kita jaga harga BBM nya,” terang Erick Thohir di Banyuwangi belum lama ini.

Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini mencontohkan untuk masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Menurutnya nelayan adalah bagian dari masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

Mulai dari ketersediaan dan kestabilan harga BBM hingga pembentukan ekosistem yang dapat menunjang kesejahteraan nelayan secara berkelanjutan. Seperti halnya, pembentukan ekosistem untuk para pelaku UMKM dan petani yang telah berjalan saat ini.

“Saya sudah minta untuk review bahwa penggabungan perusahaan jangan main lagi, punya kapal menyaingi nelayan. Mesti membangun ekosistem yang justru membeli hasil nelayan, seperti program Makmur,” ujar Erick Thohir.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kesejahteraan

Ia optimis ekosistem usaha bagi para nelayan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan. Pun demikian, Anggota Kehormatan Banser itu menjelaskan pembentukan ekosistem untuk para nelayan wajib untuk terus dievaluasi agar memberikan hasil yang maksimal.

“Kita sedang pelajari, makanya kita lihat langsung. Muda-mudahan dua atau tiga bulan lagi ada solusi baru. Kita lihat lagi apakah ekosistem ini jalan,” ujar Erick Thohir.