Sukses

Prof Widodo Terpilih sebagai Rektor UB Malang Periode 2022-2027 Secara Mufakat

Liputan6.com, Malang Universitas Brawijaya atau UB Malang memiliki pimpinan baru. Itu setelah digelar Sidang Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) menetapkan Prof Widodo sebagai Rektor UB Malang periode 2022-2027.

Sidang pleno MWA dilakukan secara tertutup di Gedung Rektorat UB Malang pada Sabtu, 21 Mei 2022 siang. Proses sidang pemilihan Rektor UB Malang dipimpin oleh Muhadjir Effendi selaku ketua MWA. Pemilihan tak sampai voting karena berjalan secara musyawarah mufakat.

Muhadjir Effendi mengatakan, keputusan mufakat berdasarkan suara seluruh anggota, termasuk dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek (Kemdikbudristek) yang memandatkan Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie.

“MWA telah melaksanakan rapat pleno secara musyawarah mufakat dan semua bulat menetapkan Prof Widodo sebagai rektor,” kata Muhadjir melalui siaran tertulis di Malang, Sabtu, 21 Mei 2022.

Setelah proses sidang pleno untuk penetapan, Widodo selaku rektor UB terpilih nantinya akan dilantik Mendikbudristek. Bila sesuai jadwal, maka pelantikan bakal digelar pada Juni 2022 mendatang, tepat setelah masa jabatan rektor sebelumnya berakhir.

Rektor UB Malang, Prof. Nuhfil, mengatakan proses pemilihan rektor berjalan dengan luar biasa dan berlangsung secara kompak. Pemilihan yang berlangsung secara musyawarah mufakat menunjukkan kekompakan itu.

“Selamat kepada Profesor Widodo, ini adalah amanah dari kementerian. Saya berharap kekompakan di UB selalu dijaga," kata Nuhfil.

Proses Pilrek UB Malang dimulai dengan pendaftaran pada 30 Maret sampai 5 April 2022. Saat itu ada enam orang bakal calon yang mendaftar yakni Prof Marjono, Prof Imam Santoso, Prof Unti Ludigdo, Prof. Widodo, Drs. Andy Fefta Wijaya, Prof. Candra Fajri Ananda.

Dari enam bakal calon tersebut, terjaring tiga calon yakni Prof Imam Santoso, Prof Widodo dan Prof Unti Ludigdo. Pada akhirnya, siding pleno MAW secara mufakat menetapkan Prof Widodo sebagai rektor UB Malang periode 2022-2027.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

2 dari 2 halaman

Dekan Fakultas Matematika

Prof Widodo, selaku rektor UB terpilih untuk periode 2022-2027 mengatakan, pemilihan rektor berjalan dengan sangat baik. Seluruh proses dan tahapan sangat transparan dan pemilihan dilakukan dengan baik.

“Saya berterima kasih kepada seluruh panitia Pilrek karena terselenggara secara transparan,” ucap Widodo.

Pasca pemilihan ini, ia berharap seluruh sivitas akademika UB Malang saling bahu membahu dan bekerja sama melanjutkan berbagai program yang telah dirintis. Serta meneruskan rencana strategis yang telah ditentukan oleh MWA.

"Kami berharap ke depan semua tetap saling kerja sama agar UB bisa menjadi lebih baik,” tuturnya.

Prof Widodo saat ini menjabat Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Biologi, KKJF Penelitian LPPM UB, Kepala LSIH UB, Anggota Tim PPKID.