Sukses

Arus Peti Kemas Domestik di Pelindo Regional 3 Lampaui Target Pada Kuartal I 2022

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyebut, salah satu kinerja yang berhasil melampaui target adalah arus petikemas domestik.

Liputan6.com, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 atau Pelindo Regional 3 mencetak kinerja positif hingga April 2022 ini.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyebut, salah satu kinerja yang berhasil melampaui target adalah arus petikemas domestik. Hingga April 2022 mencapai 236 ribu TEUs atau 128 persen dari target atau RKAP.

"Hal itu dipengaruhi peningkatan laju ekonomi nasional seiring dengan peningkatan permintaan barang baang pokok antar pulau," ujarnya, Senin (23/5/2022).

Kondisi perekonomian nasional yang mulai tumbuh seiring waktu juga membuat kinerja operasional disisi kunjungan kapal meningkat.

“Kunjungan kapal pada hingga April 2022 tercapai sebesar 107.5 juta gross tonnage (GT) atau 103 persen dari realisasi tahun sebelumnya. Artinya, kegiatan distribusi barang menggunakan jalur laut tetap bergeliat dan cenderung meningkat,” ucap Ardhy.

Sementara itu dari sisi arus barang, kinerja operasional Pelindo Regional 3 selama 2022 tercatat sebanyak 12 juta ton atau 121 persen dari target. bahkan arus distribusi gas tercapai 2,6 juta MMBTU atau 125 persen dari target.

Peningkatan kinerja operasional tertinggi bahkan terjadi pada layanan penumpang pada 20 terminal penumpang regional 3.

Pasca pelonggaran aturan berpergian yang diberikan pemerintah kepada para calon penumpang, perusahaan mencatat peningkatan penumpang sejumlah 168 persen dari target tahun lalu yaitu mencapai 800 ribu pempang pada kuartal pertama 2022 ini," ujar Ardhy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Bersama

Ardhy menyebut pencapaian pencapaian kinerja positif Pelindo Regional 3 tersebut diraih dengan mengedepankan komitmen bersama melaksanakan visi misi perusahaan pasca merger serta menjalankan lima prioritas Kementerian BUMN sebagai pedoman dalam berusaha untuk mencapai target tahun 2022.

Yakni, prioritas Nilai Ekonomi dan Sosial untuk Indonesia, Inovasi Model Bisnis, Kepemimpinan Teknologi, Peningkatan Investasi, dan Pengembangan Talenta SDM.

"Sebuah transformasi besar yang kita lalui bersama berupa penggabungan 4 entitas operator pelabuhan memberikan dorongan tersendiri khususnya dari sistem dan manajamen perusahaan untuk terus mencetak kinerja positif," ucap Ardhy.

"Selain itu keberhasilan pemerintah dalam menangani pandemi juga membuat geliat ekonomi nasional meningkat dan harus kita sambut dengan kinerja operasional yang prima," imbuh Ardhy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.