Sukses

Cegah Monyet Usil Saat WSL 2022, Infrastruktur di G-Land Dipasangi Gambar Macan

Karena digelar di area hutan, salah satu kendala yang menjadi kekhawatiran adalah gangguan dari binatang penghuni hutan seperti monyet.

Liputan6.com, Banyuwangi - World Surf League (WSL) Championship Tour bakal digelar di G-Land, tepatnya di area Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022.

Karena digelar di area hutan, salah satu kendala yang menjadi kekhawatiran adalah gangguan dari binatang penghuni hutan seperti monyet.

Oleh sebab itu pihak panitia memasang gambar macan dan boneka macan pada sejumlah sarana infrastruktur. Seperti pada tower telekomunikasi dan mobil. Ide itu muncul dari pengelola TN Alas Purwo.

Koordinator Perlindungan dan Pemantapan Wilayah Balai Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi Sucipto mengatakan monyet memang terkenal hewan yang usil. Monyet mudah penasaran dengan sebuah benda benda yang mencolok termasuk sarana infrastruktur. Sehingga terkadang mereka cenderung merusak.

"Meski tidak sering tapi pernah monyet-monyet itu merusak infrastruktur, termasuk mobil pengunjung," kata dia, Rabu (25/5/2022).

Monyet di TN Alas Purwo terbilang sudah cukup dekat dengan manusia. Sehingga ketika melihat manusia, monyet di sana cenderung mendekat.

"Karena awalnya dikasih makan pengunjung terus mendekat, berebut dan jadi sebuah atraksi satwa tapi itu sebetulnya gak boleh tapi pengunjung masih ada saja yang melakukan itu sehingga jika tidak dikasih akan merampas plastik bawaan pengunjung atau sesuatu yang mirip dengan makanan," ujarnya.

Pemasangan boneka dan gambar macan, lanjut Sucipto, adalah belajar dari sistem rantai makanan di alam. Dimana monyet ataupun lutung Jawa adalah salah satu makanan dari macan tutul.

"Jadi secara gak langsung monyet akan takut mendekat jika ada gambar atau boneka yang mirip dengan predatornya yaitu macan tutul," tegasnya.

Kendati demikian, biasanya ketakutan monyet itu tidak akan berlangsung lama. Monyet lambat laun akan paham bila tengah di-prank.

"Tapi kadang gak bisa bertahan lama, kalau sudah ada monyet di dekatnya, tapi kok macannya gak gerak, lama kelamaan nanti monyetnya sadar kalo di-prank. Tapi minimal dalam beberapa hari dia takut untuk mendekat," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

G-Land Surga Peselancar Dunia

WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

Pantai Plengkung (G-Land) memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Dengan ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

Ombaknya masuk kategori salah satu terbaik di dunia. Gelombang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna, di mana foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.