Sukses

Bazar UMKM Ikut Ramaikan Perhelatan WSL 2022 di Banyuwangi

Liputan6.com, Banyuwangi - Ajang World Surfing League (WSL) 2022 di G-Land Banyuwangi akan diramaikan bazar UMKM pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktavantie mengatakan, WSL adalah ajang surfing paling bergengsi di dunia. Dalam ajang WSL ini, peselancar dari mancanegara akan meramaikan ajang tersebut.

Hal tersebut menjadi peluang untuk menunjukan eksistensi produk karya hasil dari kreasi masyarakat yang ada di Bumi Blambangan ini.

"Kurang lebih nanti akan ada 20-an stand UMKM yang ikut meramaikan. Bazar nantinya akan di-back up oleh teman-teman dari Kecamatan Tegaldlimo. Lokasinya di Pancur dan lapangan sebelum masuk G-land" kata Nanin, Rabu (25/5/2022).

Perlu diketahui dalam perhelatan WSL pemkab memperbolehkan adanya penonton dengan jatah sekitar 200-an orang.

Pun juga disediakan layar besar yang dapat digunakan sebagai sarana nonton bareng bagi pengunjung yang tidak berkesempatan menyaksikan langsung di lokasi WSL.

Momentum ini, lanjut Nanin, merupakan salah satu peluang untuk mendongkrak roda perekonomian para pelaku usaha mikro.

"Bagi masyarakat mari ikut mensukseskan gelaran WSL dan sekaligus ikut meramaikan bazar UMKM," pintanya.

2 dari 2 halaman

Surga Peselancar

WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

Pantai Plengkung (G-Land) memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Dengan ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

Ombaknya masuk kategori salah satu terbaik di dunia. Gelombang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna, di mana foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia.