Sukses

Dukungan Relawan Jokowi Jatim Bisa Picu Partai Usung Erick Thohir di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Meidi Kosandi menyatakan dukungan para relawan Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur (Jatim) dinilai memicu ketertarikan partai untuk mengusung Menteri BUMN RI Erick Thohir di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Belum lama ini Erick Thohir menerima dukungan dari 10 simpul relawan Jokowi Jatim.

Pengamat asal Universitas Indonesia itu mengatakan dukungan dari relawan ini memang bukan penentu bagi sebuah partai untuk memutuskan memberi dukungan. Namun, hal tersebut menjadi pertimbangan kuat, mengingat relawan sangat dibutuhkan di dalam kontestasi politik.

“Partai atau koalisi tentu akan mempertimbangkan banyak hal dalam pencalonan selain pernyataan dukungan dari relawan. Dukungan relawan satu unsur yang dapat dipertimbangkan,” ujar Meidi, Rabu (25/5/2022).

Meidi mengatakan Erick Thohir sudah memiliki bekal kuat untuk bertarung sebagai calon presiden selanjutnya. Selain dukungan para relawan, Meidi mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipenuhi.

“Setidaknya tiga hal, pertama adalah kapasitas kepemimpinan, baik sebagai administrator maupun solidarity maker. Kedua reputasi yang ditunjukkan dengan elektabilitas tinggi. Ketiga, relasi dan sumber daya. Di faktor ketiga ini di antaranya ada dukungan relawan,” terang Meidi.

 

2 dari 2 halaman

Dekat dengan Jokowi

Meidi mengatakan jika dukungan dari para relawan Jokowi ini sangat lumrah. Apalagi, Erick Thohir bisa dikategorikan sebagai menteri yang dekat dengan Presiden RI ke-7 itu.

“Pernyataan mendukung salah satu tokoh saya kira wajar-wajar saja di tahun-tahun menjelang pemilu. Jadi pernyataan dari Relawan Jokowi Jatim juga lumrah saja,” punya Meidi.