Sukses

300 Goweser Ikut Meriahkan WSL 2022, Sisir Sampah Sekitar G Land

Peserta gowes sejauh 80 kilometer. Berangkat dari pendopo menuju finish di Pos Pancur, kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kompetisi selancar bergengsi World Surf League (WSL) Championship Tour, bakal digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi, 28 Mei – 6 Juni 2022. Menyambut hajatan itu, Pemkab menggelar sepeda santai G-Land Ride pada Kamis (26/5/2022).

“Kegiatan ini dalam rangka mendukung WSL. Kita semua berharap momentum ini bisa kembali mendongkrak perekonomian nasional, khususnya Banyuwangi sebagai tuan rumah,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jumat (27/5/2022).

Kegiatan yang mengusung tema "No Trash on The Route" tersebut melibatkan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banyuwangi. Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai komunitas pesepeda di Bumi Blambangan. Di antaranya BRCC, Sart, KLCC, NS Rebound, UFC, JPS, dan Minak Jinggo.

Peserta gowes sejauh 80 kilometer. Berangkat dari pendopo menuju finish di Pos Pancur, kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo. Pos Pancur ini merupakan pos terakhir menuju Pantai G-Land yang menjadi lokasi WSL.

Selama gowes mereka aksi kampanye lingkungan. Para peserta tak sekedar bersepeda, namun juga  membersihkan sampah di sepanjang rute yang dilewati. Peleton sepeda akan selalu diikuti oleh tim penyapu atau sweeper, sejak dari titik keberangkatan hingga garis finish.

“Kita mengajak berbagai pihak ikut mendukung pelaksanaan WSL. Lewat G-Land Rider ini kita menggugah kepedulian para penghobi olah raga bersepeda untuk mendukung kebersihan lingkungan di sekitar lokasi G-Land yang akan menjadi venue WSL,” ujar Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo, yang sekaligus sebagai Ketua ISSI Banyuwangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Sampah dari TN Alas Purwo

Guntur menambahkan, tim penyapu adalah pemotor yang dilengkapi dengan bak sampah untuk menampung sampah yang telah dipungut oleh peserta dari jalanan.

“Sambil olah raga dan refreshing, kita juga bersih-bersih lingkungan. Target utamanya adalah membersihkan sampah di areal TN Alas Purwo. Mulai dari pintu Pos Rowo Bendo hingga Pos Pancur. Pembersihan sampah kita fokuskan di sana,” urainya.

Kegiatan ini disambut antusian para peserta. Salah satunya Vita. "Saya senang bisa terlibat dalam aksi lingkungan untuk mendukung gelaran WSL di Banyuwangi. Lingkungan bersih akan membuat kita nyaman dan sehat," ujarnya.

Ajang bersepeda santai ini diberangkatkan Kapolresta Banyuwangi AKBP Deddy Foury Millewa, bersama Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori serta Komandan Kodim (Dandim) Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.