Sukses

Sosok Buya Syafii Maarif di Mata Khofifah

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenang banyak nilai-nilai keteladanan yang dia dapatkan dari sosok almarhum Ahmad Syafii Maarif yang wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, pukul 10.15 WIB, Jumat (27/5/2022). 

Ia menyebut karakter-karakter yang menonjol dalam diri Buya Syafii, yakni pembawaannya yang luwes dan tidak membeda-bedakan orang, sehingga merangkul semua golongan.

Khofifah mengagumi Buya Syafii Maarif sebagai seorang yang rendah hati dan bersahabat.

"Kami warga Jawa Timur mengapresiasi dan berterimakasih atas karya-karya dan kajian yang disampaikan oleh Buya Syafii semasa hidup. Kabar duka ini merupakan kabar duka bagi seluruh bangsa Indonesia termasuk masyarakat Jawa Timur," ujar Khofifah, Jumat (27/5/2022).

Ia pun mendoakan agar segenap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk meruskan cita-cita beliau yang luhur untuk berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa.

Untuk menghormati Buya Syafii, Khofifah instruksikan Masjid Al Akbar Surabaya untuk salat gaib. Ribuan jemaah menggelar salat gaib usai ibadah shalat Jumat di Masjid Al Akbar Surabaya.

Menurut Khofifah, hal ini merupakan cara mengantar dan menghormati kepergian Almarhum Buya Syafii.

"Saya mengajak warga Jawa Timur dan bangsa Indonesia untuk memberikan doa pada almarhum Buya Syafii. Kita mengantar dengan Fatihah serta dengan salat gaib," tutup Khofifah.

2 dari 2 halaman

Kabar Duka

Kabar duka datang dari keluarga besar PP Muhammadiyah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif wafat di DI Yogyakarta (DIY) pada Jumat (26/5) pagi.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Tlh wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pd hr ini jam 10.15 di Yogyakarta," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Twitter, Jumat (27/5/2022).

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," tulisnya di akun twitter.

Dilansir dari situs Muhammadiyah, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan menyampaikan bahwa Buya Syafii akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta.

Kemudian, pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.