Sukses

Gelaran Wayang Kulit Meriahkan Ajang Liga Selancar Dunia 2022 di Banyuwangi

Selama semalam suntuk sebelum kompetisi dimulai, pertunjukan wayang kulit yang mengangkat lakon Dewa Ruci itu dibawakan oleh Ki Dalang Ichwan Dwi Purbocarito.

Liputan6.com, Banyuwangi - Liga Selancar Dunia (World Surf League) 2022 di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, Jawa Timur yang berlangsung dari 28 Mei hingga 6 Juni dimeriahkan oleh sejumlah acara seni budaya

Salah satunya gelaran budaya yang diusung adalah kearifan lokal berupa pertunjukan wayang kulit di Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Selama semalam suntuk sebelum kompetisi dimulai, pertunjukan wayang kulit yang mengangkat lakon Dewa Ruci itu dibawakan oleh Ki Dalang Ichwan Dwi Purbocarito.

"Terima kasih atas semua partisipasi masyarakat dan aparat yang semuanya kompak untuk menyukseskan WSL," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (28/5/2022), dilansir dari Antara.

Pertunjukan wayang kuoit tersebut ditonton ribuan warga dari desa sekitar. Mereka sangat antusias menyaksikan tontonan tersebut hingga larut.

"Semoga pergelaran ini selain menjadi hiburan juga pendidikan sekaligus melestarikan budaya. Dalam rangka memeriahkan rangkaian WSL, kami sengaja gelar wayangan sebagai bentuk selamatan dan budaya warga," ujar Ipuk.

Mengiringi WSL, beragam sajian seni budaya digelar di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, seperti wayang kulit, jaranan buto, dan beragam tarian daerah yang dipusatkan di pasar wisata Jatian.

"Kami mengenalkan beragam seni budaya Banyuwangi kepada masyarakat luas. Khususnya kepada para peselancar dan turis mancanegara lainnya yang sedang hadir dalam event WSL kali ini," kata Bupati Ipuk.

Dengan ragam sajian tersebut, Ipuk berharap akan semakin memberikan nilai tambah dan kesan bagi para peselancar yang datang ke Banyuwangi. G-Land selama ini telah dikenal di kalangan peselancar dunia dengan ombaknya serta keindahan hutannya.

"Kali ini, ingin menambahkan pengalaman mereka dengan keindahan seni budaya di Banyuwangi. Sehingga nantinya bisa membuat mereka semakin betah dan sering datang ke Banyuwangi," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyuwangi Culture Art

Gelaran World Surf League (WSL) yang dimulai akhir pekan ini di Pantai G-Land, Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, diawali dengan pelaksanaan shalawat bersama masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi M. Yanuar Bramuda menambahkan rangkaian acara tersebut dikemas dalam tajuk Banyuwangi Culture Art.

"Setiap malam akan dihibur dengan beragam kesenian yang berbeda," katanya.

Selama pelaksanaan kompetisi, di Pasar Jatian akan diisi dengan beragam tarian dari pelajar Banyuwangi. Sekaligus juga akan dimeriahkan dengan jaranan buto setiap malamnya

"Acara akan digelar setiap pukul 19:00 WIB. Terbuka untuk umum dan semua masyarakat bisa hadir menyaksikannya," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.