Sukses

Peselancar Dunia Ketagihan Main di G-Land: Amazing Surfing, Tempatnya Menyenangkan

Berada di kawasan hutan di Taman Nasional Alas Purwo, G-Land dikenal dengan ombaknya yang merupakan salah satu terbaik di dunia.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pantai Plengkung (G-Land)  Banyuwangi meninggalkan kesan tersendiri bagi para peselancar dunia yang berlaga di ajang World Surf League (WSL) Championship Tour, liga surfing paling bergensi di dunia pada 28 Mei – 4 Juni 2022.

Berada di kawasan hutan di Taman Nasional Alas Purwo, G-Land dikenal dengan ombaknya yang merupakan salah satu terbaik di dunia.

“Amazing surfing. Tempatnya menyenangkan,” begitu disampaikan Fillpe Toledo, peselancar asal Brasil yang saat ini menduduki peringkat satu dunia, Senin (6/6/2022).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pemenang nomor perempuan WSL Championship Tour Quiksilver Pro G-Land, Johanne Defay, peselancar Prancis. Atlet dengan peringkat ketiga pada rangkaian WSL Championship Tour ini mengaku jika G-Land merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik yang pernah dijajalnya.

"Ombak di G-Land benar-benar luar biasa. Semua peselancar benar-benar menunggu ombak bagusnya G-Land," ungkap atlet kelahiran 1993 itu.

Dirinya berharap bisa datang lagi dan kembali menantang ombak terbesar kedua dunia ini. "Saya tidak tahu kapan bisa kembali lagi ke G-Land ini dan merasakan sensasi ombak seperti ini. Orang-orang disini dan segala sesuatu di sini (Banyuwangi) sangat nyaman dan membuat semua orang bahagia tentunya," tambah Defay.

Para peselancar lain mengaku bahwa bermain selancar di G-Land merupakan pengalaman yang menarik. G-Land sendiri berada di kawasan TN Alas Purwo yang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Kawasan itu telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan geopark nasional, dan kini dalam pengajuan sebagai bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG) bersama Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelenggara Terbaik

WSL sebagai pihak penyelenggara menyebut bahwa penyelenggaraan WSL di Banyuwangi merupakan salah satu penyelenggaraan terbaik selama ajang prestisius tersebut berlangsung di berbagai negara.

"Saya berharap untuk kembali lagi ke sini (Banyuwangi) tahun depan," kata General Manager WSL Asia Pasifik, Andrew Starky.Senin (6/6/2022)

Andrew menyatakan penyelenggaraan WSL di Banyuwangi merupakan salah satu penyelenggaraan terbaik selama ini.

"Kami sangat senang di Banyuwangi. Ini salah satu penyelenggaraan terbaik WSL selama ini. Kami mendapat sambutan yang sangat meriah di sini. Terima kasih Banyuwangi, terima kasih Indonesia atas dukungannya," jelas Andrew.

Bupati Ipuk mengaku senang dengan suksesnya penyelenggaraan WSL di G-Land kali ini. Ia berharap ini akan menjadi kampanye positif untuk pariwisata Banyuwangi di kancah global.

"Semoga ini bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan sport tourism di Banyuwangi. Tentunya, juga bisa mengungkit ekonomi lokal karena kita juga melibatkan UMKM-UMKM," harap Ipuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.