Sukses

Pria Nikahi Kambing di Gresik Dilaporkan ke Polisi, Dianggap Nistakan Agama

Sahrudin mengungkapkan, semoga aparat penegak hukum bisa mengusut tuntas terkait pengaduan ini.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Aliansi Warga Cerdas Gresik (WC) Sahrudin melaporkan ke polisi pria yang menikahi kambing yang videonya viral di media sosial. Dia menilai perbuatan tersebut termasuk salah satu bentuk penistaan agama.

"Saya datang ke sini terkait pengaduan terkait unsur adanya dugaan perbuatan pidana sesuai pasal 28 ayat 2 UU ITE dan Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan pasal 156 A KUHP," ujarnya, Rabu (8/6/2022)

Sahrudin mengungkapkan, semoga aparat penegak hukum bisa mengusut tuntas terkait pengaduan ini.

"Apabila tidak ada tindakan dari aparat hukum maka kami akan mengerahkan masa dengan jumlah banyak untuk berdemo," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Gresik, Ipda Wiji mengatakan, terkait adanya pengaduan tersebut pihaknya akan mengecek pengaduan tersebut.

"Nanti saya akan mengecek dan koordinasi terkait pengaduan tersebut di pihak Reskrim dan bagian SPKT," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Medsos

Saiful Arif (44), seorang Spritualis Nusantara asal Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik menikahi seekor kambing betina yang diberi nama Sri Rahayu Bin Bejo. Pernihakan tidak lazim itu terekam video berdurasi dua menit dan membuat heboh warga dunia maya.

Arif mengakui pernikahan tersebut dan mengungkapkan suka citanya. Menurutnya, pernikahan itu dilakukan untuk menjaga dan mempersatukan Bumi Nusantara dan Bumi Pertiwi.

“Iya, benar. Pernikahan itu. Biar alam semesta ini terjaga,” ujar mempelai laki-laki yang menamai dirinya Satrio Paningit ini, Rabu (8/6/2022).

Arif menceritakan, awal mula pernikahan itu dia mengaku dapat wangsit (petunjuk) untuk menikahi Sri Rahayu dengan menikahi seekor kambing, ia berharap tidak ada adu domba dan jangan sampai Indonesia diadu domba oleh negara lain.

“Harapan kami, semua harus bersatu, menjaga Indonesia, membuat semesta ini menjadi damai dan sejahtera. Pernikahan ini sebagai bentuk rasa cinta kepada Indonesia,” ucapnya.

Video berdurasi dua menit itu, memperlihatkan pemgantin laki-laki menggenakan jas hitam tengah menjabat tangan seorang penghulu. Sedangkan pengantin lawan jenisnya yang merupakan kambing betina berdiri di sampingnya. Ijab qobul pun berlangsung secara hidmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.