Sukses

Bawaslu Jatim Buka Pendaftaran Anggota, Ajak Perempuan Isi Kursi Kosong

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Tim Seleksi (Timsel) Pembentukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim Sasongko Budi Susetyo mengungkapkan, pihaknya membuka pendaftaran sebagai anggota yang dibuka mulai 22 hingga 30 Juni 2022.

Bagi yang lolos di tahap pendaftaran, lanjut Sasongko, akan mengikuti beberapa tahapan seleksi selanjutnya hingga ditetapkan oleh Bawaslu RI pada September nanti.

"Keterwakilan perempuan juga ditekankan pada seleksi Bawaslu Jatim kali ini. Rekrutmen anggota Bawaslu Jatim kali ini juga untuk mengisi tiga kursi anggota yang kosong karena ditinggal pendahulunya," ujar Sasongko di Surabaya, Rabu (15/6/2022).

Sasongko menyampaikan, ada beberapa tahapan yang akan dilalui oleh siapa pun yang berniat untuk maju sebagai calon anggota Bawaslu Jatim. Pertama, yaitu tahap pendaftaran yang berlangsung dari 22 hingga 30 Juni 2022.

"Kedua yaitu tahap pengumuman hasil seleksi administrasi pada 13 Juli 2022. Jadi, ada jeda waktu bagi pendaftar untuk memperbaiki persyaratan (administrasi)," ucapnya.

Mereka yang lolos seleksi administrasi kemudian memasuki tahapan tes tertulis pada 18 Juli 2022 dan tes psikologi pada 19-20 Juli 2022. Hasil dua tahapan seleksi itu diumumkan pada 25 Juli 2022.

"Mereka yang lolos kemudian mengikuti tahap masukan dan tanggapan masyarakat pada 25-29 Juli 2022, tes kesehatan 26-27 Juli 2022, wawancara 28-29 Juli 2022. Hasilnya akan diumumkan pada 2 Agustus 2022," ujar Sasongko.

Selanjutnya, kata Sasongko, tim seleksi akan mengusulkan nama-nama yang lolos seluruh tahapan seleksi ke Bawaslu RI. Biasanya, jumlah nama yang diusulkan dua kali lipat dari jumlah kebutuhan kursi.

“Kalau dibutuhkan tiga anggota Bawaslu Jatim, yang kami bawa atau diusulkan ke Bawaslu pusat ada enam calon,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Amanat Undang-Undang

Sasongko menjelaskannya, nama-nama yang diusulkan nantinya akan mengikuti tahapan uji kepatutan di Bawaslu RI pada 22-26 Agustus 2022. Mereka yang lolos akan diumumkan Bawaslu RI pada 12 September 2022 kemudian dilantik pada 21-23 September 2022. “Targetnya, September anggota Bawaslu Jatim sudah terbentuk,” ujarnya.

Soal tahapan-tahapan seleksi berikut persyaratannya secara lengkap diumumkan Bawaslu Jatim di laman resmi lembaga tersebut, https:jatim.bawaslu.go.id. Warga yang ingin mendaftar bisa mencermati secara rinci di laman tersebut atau pun akun resmi media sosial Bawaslu.

Sasongko mengatakan, ada beberapa hal ditekankan pada rekrutmen anggota Bawaslu Jatim kali ini. Di antaranya terkait keterwakilan perempuan, di luar kriteria integritas, kompetensi dan profesionalitas calon.

“Keterwakilan perempuan kami tekankan, karena itu amanat undang-undang,” ucapnya.