Sukses

Makna di Balik Empat Maskot Pekan Olahraga Provinsi VII Jatim 2022  

 

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII tahun 2022. Perhelatan olahraga ini akan digelar mulai tanggal 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

Empat kabupaten menjadi tuan rumah ajang Porprov Jatim yaitu, Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso.

Mengutip Instagram Pemrpov Jatim, Jumat (17/6/2022), Porprov merupakan ajang penting untuk mencetak atlet prestasi tak hanya di ajang nasional saja tapi juga sampai ke kancah dunia.

Tak sekadar olahraga saja, harapannya gelaran Porprov Jatim ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat yang sempat terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

“Terima kasih masyarakat empat daerah luar biasa, Porprov ini membangun suasana sportivita menjadi atlet sportif dan borderless, tidak ada suku, dan lain-lain,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dari ajang olahraga ini, Khofifah berharap dapat memberikan dampak baik baik kesetaraan tanpa melihat latar belakang, suku ras dan golongan.

“Dari olahraga ini saling memberikan kesetaraan perlakuan tanpa melihat suku agama dan adat istiadat,” kata dia.

Ayam bekisar diambil sebagai ikon atau maskot Porprov VII 2022 Jatim kali ini. Maskot tersebut diberi nama Si Beki yang menggambarkan keberanian, kelincahan, dan kekuatan warga Jatim.

Selain itu, empat kabupaten yang menjadi tuan rumah punya maskotnya masing-masing. Berikut makna di balik maskot empat tuan rumah Porprov VII Jatim 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Makna di Balik Maskot Porprov VII Jatim 2022

Si Jura 

Maskot Kabupaten Jember ini adalah macam raung, yang bermakna perkasa, kuat, eksotis dan indah.

Si Babal

Maskot Kabupaten Situbondo ini adalah Banteng Baluran. Ini teinspirasi dari hewan yang menjadi ikon di Taman Basional Baluran, Situbondo.

Si Rancak

Maskot Kabupaten Lumajang ini diambil dari Jaran Kencak yang merupakan kesenian khas masyarakat Lumajang. Ini menggambarkan kelincahan, kecepatan kekuatan, ketangkasan, dan menjunjung tinggi sportivitas

Singo Ulung

Maskot Kabupaten Bondowoso ini diambil dari warisan budaya tak benda milik Bondowoso, yang dinamis selaras dengan semangat para atlet untuk meraih prestasi.

3 dari 3 halaman

Cabang Olahraga

Sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dilombakan dalam ajang Porprov VII Jatim 2022. Masing-masing cabor digelar di tempat yang berbeda-beda.

Bondowoso 

Catur, panahan, tenis meja, tinju, menembak, taekwondo,  karate.

Lumajang

Sepak Bola, biliar, bridge, gulat, selam kolam, sepak takrwa, sepatu roda, woodball, ju jit su, muaythai, balap sepeda road race, paralayang, pencak silat, sambo.

Jember 

Sepak bola, bola basket 5x5, drumband, futsal bola tangan, bulutangkis, wushu sanda, bapal sepeda MTB, bola voli indoor, aeromodeling, dance sport, kickboxing, senam, tenis lapangan, kempo, renang kolam, atlet, tarung, derajat, bola basket 3x3.

Situbondo

Angkat besi, bola voli pantai, judo, panjat tebing, hockey indoor, anggar, angkat berat, hockey pasir, hockey outdoor, renang OWS, senam laut, binaraga, petanque.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS