Sukses

Pastikan Jamaah Aman dari Nyamuk, Asrama Haji Surabaya Difogging Tiap Pekan

Liputan6.com, Surabaya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya memastikan kegiatan "fogging" atau pengasapan di lingkungan Asrama Haji Surabaya seminggu sekali pada tiap akhir pekan.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram menjelaskan sejak awal menjelang kedatangan jamaah haji sampai hari ini, proses pengasapan di Asrama Haji Surabaya telah dilaksanakan sebanyak empat kali.

"Kegiatan pengasapan rutin kami lakukan untuk mengurangi populasi nyamuk, mengingat masih banyak semak-semak dan sawah yang menjadi sarang nyamuk di sekitar lokasi Asrama Haji Surabaya," katanya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (18/6/2022), dilansir dari Antara.

Pengasapan di lingkungan Asrama Haji Surabaya dilaksanakan oleh tim dari Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, dimulai sejak sepekan menjelang kedatangan jamaah calon haji pada 27 Mei lalu.

Selanjutnya rutin dilakukan pengasapan di setiap akhir pekan pada hari Sabtu atau Minggu.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Kakanwil Kemenag Jatim) itu, pengasapan di tiap akhir pekan dilakukan pada pagi hari karena pada saat tersebut nyamuk dalam keadaan istirahat setelah semalam beraktivitas.

"Sejak 3 Juni lalu, jamaah calon haji telah menempati kamar-kamar di Asrama Haji Surabaya. Maka sejak itu pengasapan di tiap akhir pekan dilakukan di selokan-selokan, serta semak-semak di lingkungan Asrama Haji Surabaya," ujarnya.

Selain itu, sejumlah ruangan yang jauh dari jangkauan jamaah calon haji di lingkungan Asrama Haji Surabaya juga tak luput dari sasaran pengasapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jamin Kesehatan Calon Jamaah

Maram berharap dengan rutin dilakukan pengasapan, jamaah calon haji bisa merasakan kenyamanan tanpa ada gangguan nyamuk.

"Dengan begitu kesehatan jamaah calon haji tetap terjaga selama berada di Asrama Haji Surabaya, jelang keberangkatannya menuju ke Tanah Suci," ucapnya.

PPIH Embarkasi Surabaya telah menuntaskan pemberangkatan jamaah calon haji gelombang I ke Tanah Suci melalui Bandara Madinah, yaitu kelompok terbang (kloter) 1 hingga 20, yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 17 Juni 2022.

Selanjutnya mulai tanggal 19 Juni hingga 2 Juli 2022, PPIH Embarkasi Surabaya siap memberangkatkan gelombang kedua ke Tanah Suci, yaitu kloter 21 hingga 38 melalui Bandara Jeddah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS