Sukses

Porprov VII Jatim 2022 Diharapkan Mampu Dongkrak Ekonomi

Liputan6.com, Jember - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov VII  Jatim 2022 dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Porprov juga harus menjadi ajang pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah, terutama bagi daerah yang menjadi tuan rumah di empat kabupaten yaitu Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso," katanya dalam kegiatan Semarak Porprov Jatim di Kabupaten Jember, dilansir dari Antara, Sabtu (18/6/2022).

Ia berharap Porprov menjadi ajang pembibitan atlet sekaligus pengungkit ekonomi daerah di empat kabupaten yang menjadi tuan rumah karena kedatangan tamu sangat banyak.

"Di Kabupaten Jember nanti ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan, jadi ada sekitar 15.000 tamu yang akan datang dari luar daerah," tuturnya.

Menurutnya, hal itu akan menjadi momen emas bagi para pelaku UKM di Kabupaten Jember untuk memasarkan produk-produknya yang diyakini menjadi pendongkrak ekonomi para pelaku UKM.

"Terselenggaranya Porprov harus seiring dengan pertumbuhan ekonomi di daerah dimana usaha mikro kecil dan menengah akan menjadi basis dari pendongkrak pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Salah satunya Jember," katanya.

Khofifah juga menyambangi Outlet Dekranasda di Jalan Gajah Mada Jember untuk melihat berbagai kerajinan yang dipamerkan seperti tas kulit, batik, eco-print, lukisan, dan berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh warga Jember.

Salah satu produk yang menarik perhatian Gubernur Khofifah adalah produk kerajinan bercorak Australia yang merupakan hasil karya salah satu desa di Jember.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Ekonomi Jember

"Saya terkejut karena ada produk yang sudah ada brand -nya. Jadi ada Kanguru dan di situ ada tulisan Australia, artinya bahwa produk itu memang sudah diekspor ke Australia. Saya berharap bahwa desa penghasil produk itu bisa disiapkan menjadi Desa Devisa," katanya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto optimistis bahwa Porprov VII dapat menunjang olahraga, pariwisata, dan perekonomian, terutama di masa COVID-19 yang telah melandai.

"Porprov dapat membangkitkan kembali perekonomian Jember terutama di masa pandemi yang telah melandai. Dalam kolaborasi ini, olahraga dapat, hiburan dapat, ekonomi dapat," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS