Sukses

Gelar Festival Creative Recycle, Banyuwangi Kampanyekan Bijak Olah Sampah

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebutkan, penanganan sampah harus dikelola sejak dari rumah.

Liputan6.com, Banyuwangi - Problem sampah menjadi tantangan setiap daerah. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menguranginya. Di antaranya dengan terus mengkampanyekan bijak mengelolah sampah. Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi dengan menggelar Festival Creative Recycled.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebutkan, penanganan sampah harus dikelola sejak dari rumah. Produksi sampah rumah tangga yang tidak dikelola dengan bijak, akan menyebabkan pencemaran di lingkungan.

"Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengelolah sampah yang kita hasilkan dengan bijak. Jangan dibuang sembarangan. Pilah dan daur ulang jika memungkinkan," ungkap Ipuk, Rabu (22/6/2022).

Sampah rumah tangga di Banyuwangi, imbuh Ipuk, menyumbang 450 ribu ton per tahunnya. “Setiap harinya, rata-rata setiap rumah tangga di Banyuwangi menghasilkan 2,7 – 3 Kg sampah. Jika diakumulasi secara keseluruhan, bisa mencapai lebih dari 450 ribu ton setiap tahunnya," terangnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut Ipuk, terus dilakukan beragam upaya. Selain membentuk bank sampah dan pengelola sampah secara komunal di berbagai kecamatan, juga menggalakkan daur ulang sampah. "Kegiatan recyle ini tidak sekadar berhenti di sini. Tapi, bagaimana terus menularkan semangat recyle (daur ulang) ke masyarakat Banyuwangi lebih luas lagi," tegasnya.

Festival Creative Recycle sendiri dimeriahkan dengan beragam kompetisi pengelolaan sampah. Di antaranya adalah Innovative Recycling Competition. Pada ajang ini ada beragam inovasi pendaur-ulangan sampah untuk memiliki nilai lebih dan mengurangi volumenya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olah Sampah

Beragam sampah organik yang biasanya berujung ke pembuangan diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih. Seperti halnya dibuat eco-enzym yang multifungsi. Adapula yang mengolah kulit durian menjadi tepung yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar aneka kudapan. Selain itu juga ada barang daur ulang lainnya, seperti daur ulang kertas semen, pelepah pisang, karung goni, kain perca, lukisan kain hingga batik ecoprint.

Salah satu inovasi daur ulang yang keluar sebagai pemenang adalah Sang Paper. Inovasi dari Dokter Ananta ini mengubah pelepah pisang dan jerami yang terbuang seusai panen menjadi kertas serba guna. "Kertasnya nanti bisa dibuat untuk buku, souvenir dan lainnya. Jadi, mengurangi penebangan pohon untuk kertas. Jadi, bisa lebih ramah lingkungan," ujar dokter orthopedi ini.

Selain itu adapula kompetisi English Youth Speech Contest on Climate Change 2022 yang diikuti oleh sejumlah siswa SMA dan SMP se Kabupaten Banyuwangi. Kompetisi ini dimenangkan oleh Laurel Sabila Widodo dari SMAN 1 Giri Taruna Bangsa dan Jerusha Rugun Excelsha Manurung dari SMPN 1 Banyuwangi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.