Sukses

Menuju Kota Pintar, Probolinggo Klaim yang Pertama Berlakukan Robokir

Agus mengungkapkan, dengan tranformasi digital pelayanan publik bisa diakses warga secara online termasuk layanan Robokir Telkomsel ini.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menerapkan layanan pengingat kir alias Robocall-Kir (Robokir) hasil inovasi terbaru Telkomsel. Penerapan Robokir ini merupakan upaya menuju Kota Pintar (Smartcity) melalui pemanfaatan transformasi digital.

"Pemkot Probolinggo terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem pemerintah berbasis elektronik atau e-government (SPBE)," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, Agus Efendi, Rabu (22/6/2022).

Agus mengungkapkan, dengan tranformasi digital pelayanan publik bisa diakses warga secara online termasuk layanan Robokir Telkomsel ini.

"Kami bangga karena menjadi pemerintahan kota di Indonesia, yang pertama kali memakai Robokir," ucapnya.

Agus berharap dengan aplikasi ini, baik pengemudi, penumpang maupun pengguna jalan raya, bisa terselamatkan dan terhindar dari kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan. "Semoga aplikasi ini bisa digunakan secara maksimal oleh dinas-dinas terkait maupun masyarakat di Kota Probolinggo," ujarnya.

General Manager Network Engineering and Quality Telkomsel Jawa Bali, Wendy Adewijaya menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.

"Fungsi dari pengujian kendaraan bermotor selain memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap kendaraan, uji kir juga mendukung terwujudnya kelestarian lingkungan melalui pelayanan umum kepada masyarakat," ucapnya.

Wendy mengatakan, untuk meningkatkan layanan pengujian kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo menghadirkan inovasi terbaru bekerjasama dengan Telkomsel Enterprise yakni Robokir.

Robokir ini satu-satunya layanan pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor se Indonesia di mana layanan ini berfungsi sebagai pengingat pemilik kendaraan untuk uji kendaraan satu minggu sebelum masa uji tidak berlaku," ujarnya.

Hal ini, lanjut Wendy, mengingat pentingnya uji kendaraan bermotor di dalam mewujudkan kendaraan berkeselamatan di jalan. “Dalam kerja sama ini, kami terus memberikan layanan terbaik melalui inovasi yang bisa menjadi solusi dari permasalahan utama Pemkot Probolinggo," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Hasil Positif

Yang pasti, kata Wendy, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo menginginkan keselamatan semua, keselamatan masyarakat agar selalu tenang dan aman dengan memanfaatkan aplikasi ini.

"Ke depan, diharapkan bisa memberikan hasil yang positif terhadap tata tertib daerah. Dan ini menjadi faktor utama pengembangan di masing-masing region,” ungkapnya.

Inovasi ini, tambah Wendy, mendukung Pemerintah Kota Probolinggo melalui inovasi terbaik di dalam peningkatan layanan menuju layanan yang mudah, cepat, efektif dan transparan berbasis digital.

“Sebagai operator telekomunikasi paling Indonesia, Telkomsel memiliki beragam inovasi yang mampu mendukung Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten menuju Kota Pintar," ujarnya.

"Pemakaian layanan Robokir yang pertama diterapkan di pemerintahan Kota Probolinggo ini sekaligus bukti kualitas teknologi inovasi Telkomsel yang bisa diandalkan,” imbuh Wendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.