Sukses

Perdana Tampil di Porprov, Kontingen Arung Jeram Banyuwangi Optimistis Juara

Liputan6.com, Banyuwangi - Kontingen Banyuwangi dari Cabang Olahraga Arung Jeram siap menorehkan prestasi di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Lumajang pada 28 Juni mendatang.

Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Cabang Banyuwangi Alfan Impriadi mengatakan, terdapat 16 atlet dan 5 ofisial yang akan diberangkatkan pada Minggu ini.

"Dari 16 atlet itu dibagi lima tim kategori putra dan putri. Intinya kita sudah siap 100 persen berlaga di Lumajang nanti," ucap Alfan Impriadi, Jumat (24/6/2022).

Meski kali pertamanya, Banyuwangi menurunkan atlet cabor arung jeram. FAJI optimis para atlet bisa meraih medali emas untuk mengharumkan nama kabupaten yang berjuluk Bumi Blambangan ini.

"Target kami medali emas atau paling tidak membawa pulang tiga medali, serta minimal peringkat tiga besar. Mohon doanya dari seluruh warga Banyuwangi, agar para atlet bisa bertanding maksimal," tutur Alfan.

Alfan meyakini dengan persiapan yang dilakukan sejauh ini. Para kontingen arung jeram Banyuwangi mampu bersaing dengan atlet luar daerah.

"Tadi para atlet sudah selesai menjalankan latihan terakhirnya. Secara keseluruhan, persiapan atlet sudah dilakukan jauh-jauh hari dengan pola latihan yang terus digenjot. Baik secara fisik maupun teknik," tutupnya.

Sementara itu, Kabupaten Banyuwangi, memberangkatkan 469 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022.

2 dari 2 halaman

Target Masuk 5 Besar

Ketua KONI Banyuwangi, Mukayin, dalam Porprov kali ini, kontingen Banyuwangi mengirimkan 469 atlet.

“Lima besar adalah target yang realistis dengan berkaca dari Porprov sebelumnya yang finish di peringkat 8 besar perolehan medali," kata Mukayin. 

"Tahun ini, semua sudah kami persiapkan sebaik-baiknya sejak awal. Program latihan dari semua cabor sudah dilaksanakan dengan baik, dan berdasarkan analisa dan monitoring kami, seluruh cabor punya kekuatan yang sama,” tambah Mukayin.

Di Porprov kali ini Banyuwangi mengikuti 40 cabor dari 47 cabor yang dipertandingkan. Dalam kontingen Banyuwangi, terdapat dua atlet termuda. Keduanya berusia 9 tahun. Yakni Clara Emely Giraldine dari cabor senam artistik putri.  Dan Adinda Chandani Helga Dahayu Janitra dari cabor senam cabang ritmik