Sukses

Viral Video Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur, Polres Gresik Tangkap Pelaku

Aziz mengungkapkan, dari keterangan para saksi yang sudah diperiksa, mereka membenarkan bahwa tersangka yang melakukan pelecehan tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Sebuah video ramai beredar di Media Sosial (Medsos) yang memperlihatkan seorang pria misterius menciumi anak kecil di depan toko di Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu Gresik.

Anggota gabungan dari Polres Gresik dan Polda Jatim akhirnya meringkus pria misterius tersebut. Dia bernama Buchori (39), warga Kenjeran Surabaya, yang merupakan calon guru di salah satu Pondok Pesantren (Ponpes).

"Pelaku sudah kami amankan kemarin malam, sekitar pukul 24.30 WIB di Kenjeran Surabaya. Saksi korban juga sudah kami lakukan pemeriksaan," ujar Kapolres Gresik, AKBP Mochammad Nur Aziz, Sabtu (25/6/2022).

Aziz mengungkapkan, dari keterangan para saksi yang sudah diperiksa, mereka membenarkan bahwa tersangka yang melakukan pelecehan seksual tersebut.

"Korban ada dua orang anak berinisial R berumur 6 tahun dan berinisial I berumur 12 tahun," ucapnya.

Azis menjelaskan, modus tersangka saat itu membeli bensin di sebuah toko di Kecamatan Sidayu. Birahi tersangka naik saat melihat korban dan langsung melakukan pencabulan dua kali di dalam dan luar toko.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, dia baru kali ini melakukan hal tersebut dan tersangka berstatus duda," ujarnya.

Aziz mengatakan, tersangka disangkankan Pasal UU 23 tahun 2003 dan jo pasal 17 tahun 2016 terkait perlindungan anak.

"Ancaman hukumannya minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara serta denda Rp 5 miliar," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Dugaan kasus pencabulan ini bermula ketika ada video yang viral di medsos memperlihatkan aksi seorang pria menciumi anak kecil di depan toko di Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu, Gresik.

Video yang beredar itu, membuat banyak warganet geram. Pasalnya, pria yang menciumi gadis itu bukanlah sanak saudaranya.

Video berdurasi 1.58 menit itu, melihatkan seorang pria memakai baju putih, tengah membeli minuman di sebuah toko klontong. Dari belakang, seorang perempuan dewasa dan anak kecil datang ke toko tersebut terekam kamera CCTV.

Saat itu perempuan dewasa masuk ke dalam toko. Pria berbaju putih itu seperti berusaha mengajak ngobrol gadis kecil berkerudung cokelat lalu meminta gadis itu duduk di dekatnya, di balik lemari toko agar tak terlihat orang lain.

Sewaktu situasi dirasa aman, tak disangka pria itu nekat menciumi pipi gadis kecil berkerudung cokelat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.