Sukses

Kuat di Bursa Cawapres, Pengamat: Erick Thohir Dikenal Baik Warga Jatim

Sebelumnya Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil temuanya mengenai kandidat cawapres pilihan masyarakat Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon wakil presiden paling potensial dengan elektabilitas teratas di Jawa Timur. Menurut Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Meidi Kosandi, nama Erick Thohir dikenal baik oleh masyarakat Jatim.

Sebelumnya Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil temuanya mengenai kandidat cawapres pilihan masyarakat Jatim. Hasilnya, Erick Thohir menempati peringkat teratas dengan elektabilitas 14,2 persen.

“Penjelasan yang paling mungkin dari hasil survei tersebut adalah bahwa saat ini Erick Thohir cukup dikenal baik dan diingat di kalangan masyarakat pemilih di Jawa Timur,” ujar Meidi.

Meidi menjelaskan salah satu faktor tingginya elektabilitas Erick Thohir di Jatim karena kedekatannya dengan masyarakat NU. Menurutnya, mayoritas kandidat yang menang di Jatim adalah figur yang dekat dengan tokoh-tokoh NU.

“Secara tradisional, kandidat-kandidat yang didukung NU berhasil menang di Jawa Timur,” ujar Meidi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Restu NU

Menurut Meidi, restu NU untuk Erick Thohir terbuka cukup lebar. Pasalnya, NU belum menyatakan dukungannya secara langsung untuk kandidat manapun, bahkan kepada Cak Imin yang partainya kerap dihubungkan dengan NU.

“NU tampak belum solid mendukung atau mengarahkan pilihan kepada salah satu kandidat. Bahkan dukungan kepada Cak Imin juga belum bisa dipastikan meskipun sudah mengumumkan akan mencalonkan diri,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.