Sukses

Atlet MTB Xco Lumajang Borong Medali di Ajang Porprov Jatim 2022

Liputan6.com, Lumajang Tim balap sepeda MTB Xco Lumajang meraih hasil maksimal di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022.

Bertanding di Sirkuit Rembangan Jember, tiga pembalap MTB Xco Lumajang memboyong medali kategori MTB Xco Putra dan Putri.

MTB Xco Putra atas nama Bagus Eksabana berhasil finish diurutan pertama dan medali emas dengan torehan waktu 55 menit 2 detik, sedangkan Muhammad Andriansyah finish di urutan kedua dan mendapatkan medali perak dengan torehan waktu 56 menit 30 detik.

Sementara dari MTB Xco Putri atas nama Elvia Tri Wulandari berhasil finish di urutan kedua dan mendapatkan medali perak dengan torehan waktu 48 menit, 3 detik.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Lumajang Ashuri mengungkapkan, bahwa selain Bagus Eksabana dan Muhammad Andriansyah, sebenarnya peringkat ketiga juga diraih oleh atlet Lumajang atas nama Muhammad Topan dengan raihan waktu 57 menit 16 detik.

Namun, karena aturan Balap Sepeda Dunia International Cycling Union (UCI), yang menyebut jika peringkat 1,2 dan 3 diraih oleh satu kontingen, maka juara ketiga diberikan kepada juara ke empat.

"Karena ke tiga-tiganya dari satu kabupaten maka juara 4 naik jadi juara 3, mengacu ke aturan Balap Sepeda Dunia UCI," ungkapnya.

KONI Lumajang tetap akan memberikan bonus prestasi untuk Muhammad Topan sebagai bentuk apresiasi atas kerja kerasnya untuk menjadi juara.

“Tetap akan kita berikan bonus sebagai bentuk apresiasi karena penampilan meraka sangat luar biasa bagus,”paparnya.

Prestasi tersebut tentu sangat membanggakan Lumajang sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan Porprov Jatim 2022.

“Kami sangat bangga dengan prosetasi yang ditorehkan para atlet MTB Xco ini,”tambah Ashuri

2 dari 2 halaman

Atlet Selam Finswimming Lumajang Pecahkan Rekor

Setelah emas pertama dari cabang olahraga MTB, kali ini dari cabang olahraga Finswimming yang digelar di Kolam Renang Veteran Lumajang, Riski Hidayatullah berhasil mencatatkan rekor baru Porprov Jawa Timur 2022 dengan catatan 3:23:78 detik.

Catatan tersebut merupakan rekor baru atas namanya sendiri pada gelaran Finswimming Porprov Jatim Gresik. Sementara rekannya dari Kabupaten Lumajang atas nama Davin Anggoro menempati peringkat empat dengan catatan waktu 3:33:39 detik.

"Emas pertama Lumajang diraih oleh atlet MTB, ini emas kedua, selam kolam memang ketika Porprov di Gresik dia mendapatkan emas pemecah rekor, dan hari ini disini dia emas kembali pecah rekor," jelas Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.

Indah juga menjelaskan, bahwa medali emas tersebut menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Kabupaten Lumajang. Bahkan, Pemkab telah menyiapkan tambahan bonus Rp15 juta kepada peraih medali emas.

"Bonus prestasi hari ini diserahkan langsung 5 juta dari KONI Lumajang ditambah 15 juta untuk peraih emas dari Kabupaten Lumajang jadi total bonus prestasi 20 juta, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi atlet-atlet dari cabang olahraga yang lain," terang dia.