Sukses

90 Persen Material Lumpur di Jalur Erek-Erek Ijen Sudah Dibersihkan

Pembersihan material longsor di jalur Erek-Erek Ijen sudah mencapai 90 persen. Diperkirakan jalur penghubung Bondowoso-Banyuwangi itu bisa segera normal.

Liputan6.com, Banyuwangii - Pembersihan material longsor di jalur Erek-Erek Ijen sudah mencapai 90 persen. Diperkirakan jalur penghubung Bondowoso-Banyuwangi itu bisa segera normal.

Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, saat ini jalur sudah bisa digunakan namun hanya kendaraan roda yang bisa melintas. Itu pun juga harus hati-hati karena jalur masih cukup licin karena masih terdapat lumpur pada permukaan aspal.

"Kendaraan roda dua bisa melintas namun masih harus dituntun di puncak. Selepas puncak bisa dinaiki. Besok pagi finalisasi pembersihan lumpur," kata Ilzam, Jumat (1/7/2022).

Ilzam mengatakan, untuk proses pengerukan material lumpur setinggi 6 meter dengan panjang 30 meter itu diperlukan sedikitnya 3 unit alat berat.

Dalam proses pembersihan itu ada 150 an petugas terdiri dari petugas BPBD, TNI Polri dan masyarakat yang dikerahkan.

Petugas sempat menemui kendala. Di antaranya adalah sulitnya medan dan cuaca buruk. Sehingga di hari pertama sempat terjadi longsor susulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diimbau Hati-Hati

"Akhirnya mulai hari kedua cuaca cerah sehingga lumpur bisa disingkirkan. Lumpur dievakuasi ke sisi timur dan barat di lahan datar di sekitar lokasi," ujarnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat maupun pengendara untuk tetap berhati-hati. Artinya tetap waspada dengan potensi longsor susulan yang berpotensi terjadi setiap waktunya.

"Apabila hujan intensitas tinggi masih potensi longsor susulan, karena kondisi tanah sudah terbuka," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.