Sukses

Tim "Juleha" Bakal Datangi Tempat Penyembelihan Hewan Kurban di Bangkalan

Para juru sembelih ini merupakan warga yang mendapatkan pelatihan khusus secara syariat dan secara medis tentang teknik penyembelihan hewan yang halal, sesuai ketentuan syariat Islam.

Liputan6.com, Bangkalan - Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, membentuk tim juru sembelih halal sebagai upaya untuk memberikan jaminan produk daging sapi halal dan sehat bagi masyarakat pada musim wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Menurut Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, saat ini sebagian masyarakat enggan untuk mengonsumsi daging sapi karena khawatir daging tidak sehat.

"Ooeh karena itu, Pemkab Bangkalan membentuk juru sembelih halal untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa daging yang dikonsumsi sesuai dengan ketentuan syariat, yakni halal dan sehat," katanya di Bangkalan, dilansir dari Antara, Minggu (3/6/2022).

Saat ini, sambung dia, masyarakat membutuhkan kepastian mengenai jaminan daging yang sehat dan bebas penyakit.

Bupati menuturkan, pembentukan juru sembelih halal atau yang disingkat "Juleha" ini bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur.

"Saat ini sudah ada 1.000 orang juru sembelih halal se-Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Bangkalan ini," katanya.

Bupati menjelaskan, para juru sembelih ini merupakan warga yang mendapatkan pelatihan khusus secara syariat dan secara medis tentang teknik penyembelihan hewan yang halal, sesuai ketentuan syariat Islam. Disamping itu, mereka juga dibekali tentang wawasan daging sapi yang sehat.

"Para juru sembelih ini telah bersertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)," katanya, menjelaskan.

Menurut bupati, penyiapan juru sembelih halal yang terlatih dan bersertifikat serta dibekali dengan penanganan terkait PMK menjadi sangat penting untuk disebar ke berbagai RPH yang ada di Bangkalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datangi Lokasi Penyembelihan

Sehingga pemotongan di rumah potong hewan (RPH) pada pelaksanaan kurban di masa PMK ini dapat tetap terlaksana dengan baik dan memberikan jaminan produk yang halal serta sehat bagi masyarakat.

"Karena itu kami berharap melalui upaya yang kita lakukan ini, masyarakat tidak lagi cemas terhadap pelaksanaan kurban pada masa PMK ini. Kami juga mengimbau agar baik dinas terkait, para juru sembelih halal yang telah disebar di RPH dapat bekerja sebaik mungkin dan benar-benar menjalankan manajemen kurban pada masa PMK ini," katanya, menjelaskan.

Khusus pada pelaksanaan Hari Raya Kurban 1443 Hijriah kali ini, Pemkab Bangkalan juga menugaskan pada juru sembelih ini mendatangi lokasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di sejumlah masjid dan mushalla yang ada di Kabupaten Bangkalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.