Sukses

Porprov Jatim 2022 Berakhir, Surabaya Kembali Juara Umum

Piala Juara Umum diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati.

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya kembali menjadi juara umum ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII 2022. Kota Pahlawan sudah tujuh kali  berturut-turut meraih juara umum di ajang ini. 

"Kami bersyukur atas prestasi para atlet di ajang Porprov Jatim VII 2022 ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati, Senin (4/7/2022), dikutip dari Antara.

Pengumuman juara umum Porprov Jatim disampaikan langsung oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim M Nabil pada saat acara Closing Ceremony Porprov Jatim 2022 di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (3/7/2022) malam.

Piala Juara Umum itu kemudian diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati.

Menurut Wiwiek, dengan kemenangan tersebut, medali emas yang diraih Surabaya terus bertambah dibanding tahun sebelumnya, dan Surabaya kembali menjadi juara umum berturut-turut selama tujuh kali pagelaran Porprov Jatim.

"Tentu ini akan menjadi pelecut semangat pemkot dan ini menjadi momentum yang baik untuk terus mengoptimalkan upaya pembibitan para atlet demi mewujudkan atlet-atlet yang berprestasi. Selain itu, ini juga menjadi bukti bahwa Kota Surabaya gudangnya para atlet," kata Wiwiek.

Ketua KONI Jatim M. Nabil sebelumnya mengatakan, ada lima besar yang menjadi juara dalam Porprov Jatim 2022 ini, yang pertama dan yang menjadi juara umum adalah Kota Surabaya dengan poin 863.

“Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Surabaya (Eri Cahyadi) dan KONI Surabaya, dan Surabaya ini sudah tujuh kali porprov tujuh kali pula juara umum, tepuk tangan untuk Surabaya," kata Nabil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Eri Cahyadi

Prestasi yang membanggakan ini tentunya tidak lepas dari kerja keras semua pihak, terutama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta jajaran Pemkot Surabaya serta KONI Surabaya.

Eri di tengah kesibukan aktivitasnya masih menyempatkan waktu berkali-kali mengunjungi arena pertandingan Porporv Jatim, termasuk yang dilakukannya pada hari Minggu ketika dia menyemangati tim futsal Surabaya putra yang berlaga di partai final.

Saat itu, Eri mengikuti pertandingan futsal itu mulai awal hingga akhir. Berkali-kali dia berteriak memberikan semangat kepada arek-arek Suroboyo yang tengah berjuang. Alhasil, saat itu tim futsal Surabaya berhasil mengalahkan lawannya tim Sidoarjo dengan skor telak 5-1.

"Alhamdulillah bisa mempertahankan juara (futsal putra), dan kali ini skor kemenangan cukup meyakinkan 5-1. Ini merupakan emas terakhir Surabaya di Porprov Jatim tahun ini," kata Wali Kota Eri seusai menyaksikan pertandingan.

Eri juga sangat bersyukur dan merasa bangga dengan capaian yang diraih oleh para atlet Surabaya dalam ajang Porprov Jatim tahun ini. Sebab, tahun ini Surabaya berhasil mengumpulkan 130 medali emas, 99 perak dan 125 perunggu dengan total nilai 843 poin.

"Alhamdulillah total medali emas tahun ini 130, ini sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mengoleksi 113 emas," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.