Sukses

KAI Daop 8 Inspeksi Jalur Kereta di 8 Stasiun, Apa Hasilnya?

Luqman menyebut, dari hasil pemeriksaan pada hari ini, keseluruhan jalur mulai Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Surabaya Gubeng dinyatakan aman.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya menggelar inspeksi dari Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Surabaya Gubeng dengan menggunakan lori Inspeksi.

"Inspeksi kali ini terdapat delapan stasiun yang menjadi objek pemeriksaan pelayanan, fasilitas dan pelaksanaan protokol kesehatan, serta prasarana pendukung perjalanan kereta api," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Senin (4/7/2022).

Prasarana yang dicek di antaranya jalur, jembatan, wesel, hingga mencari potensi bahaya di sepanjang jalur kereta dan di Stasiun Mojokerto, Tarik, Kedinding, Krian, Boharan, Sepanjang, Wonokromo, dan Surabaya Gubeng.

Luqman mengantakan, pemeriksaan sudah dilaksanakan setiap hari oleh unit-unit bersangkutan di setiap wilayah kerjanya. Namun untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api, managemen Daop 8 yang dipimpin oleh Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 8 Surabaya, Heri Siswanto melakukan pemeriksaan menggunakan lori inspeksi.

"Inspeksi ini untuk memastikan secara langsung bahwa pemeliharaan dan pengendalian resiko keselamatan sudah dilaksanakan dengan baik dan handal terutama dalam menghadapi cuaca ekstrem yang sebentar panas dan tiba tiba hujan," ucap Luqman.

Luqman menyebut, dari hasil pemeriksaan pada hari ini, keseluruhan jalur mulai Stasiun Mojokerto hingga Stasiun Surabaya Gubeng dinyatakan aman.

"Beberapa aspek turut dicek mulai dari rel, keamanan kanan kiri jalur dari potensi pohon tumbang, perlintasan kereta hingga potensi gangguan dari oknum yang masih beraktivitas di jalur kereta api," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Baik

Luqman menegaskan, selain dengan upaya-upaya KAI dalam menjaga perjalanan kereta api, pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk menjadi bagian dalam menjaga perjalanan kereta api.

"Dengan senantiasa mengingatkan kepada oknum yang masih beraktifitas disekitar jalur kereta api, terlebih pada musim libur sekolah ini dan disiplin saat melintasi perlintasan sebidang," ucapnya.

Luqman menyampaikan, secara umum semua fasilitas prasarana perkeretapian dan keselamatan perjalanan kereta api dalam kondisi baik.

"Adanya temuan terkait fasilitas pelayanan yang tidak baik atau tidak berfungsi maka segera menjadi perhatian untuk segera dilakukan perbaikan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.