Sukses

Ratusan Anak Muda Ramaikan Jagoan Bisnis Banyuwangi

Ipuk menjelaskan, Jagoan Bisnis merupakan kegiatan yang terintegrasi. Bukan hanya ide atau rintisan bisnis yang dikompetisikan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi kembali meluncurkan program Jagoan Bisnis untuk mencetak ratusan anak muda setempat menjadi pengusaha. Para kandidat terpilih akan mendapatkan mentoring dari para praktisi dan akademisi, serta mendapat stimulus modal usaha senilai ratusan juta rupiah.

“Program inkubasi pengusaha muda terus konsisten kita gelar di Banyuwangi. Ini salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi. Setelah Jagoan Tani, kini digelar Jagoan Bisnis,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (6/7/2022).

Para mentor yang akan mendampingi merupakan anak-anak muda inspiratif. Antara lain Founder Jagoan Indonesia yang juga akademisi Universitas Brawijaya Malang Dias Satria, Founder Lets Play Indonesia Arif Bawono, Ketua Bandung Creative City Forum 2017-2021 Dwinita Larasati.

Selain itu ada juga Owner Jawa Jiwa Sigit Pramono, Policy and Community Affairs Specialist DANA Indonesia Varrel Vendira, Digital Marketing Specialist Trisiwi, Pendekar Internet Marketing Cucuk Rustandi, Ketua Indonesia Creative Cities Network, Fiki Satari dan Ketua BYCN Vicky Hendri.

Ipuk menjelaskan, Jagoan Bisnis merupakan kegiatan yang terintegrasi. Bukan hanya ide atau rintisan bisnis yang dikompetisikan, tapi juga ada mentoring dan sesi networking untuk membangun jejaring antar anak muda.

Ada pula sesi hacksprint yang mengajarkan peserta tentang pembuatan prototipe produk bisnis yang ingin dikembangkan. Peserta juga dikoneksikan dengan perbankan hingga diurus perizinan usahanya.

"Tentu saja juga ada hadiah Rp 100 juta untuk stimulus modalnya. Semua itu diberikan agar ide usaha mereka bisa betul-betul berkembang menjadi bisnis riil yang bisa meningkatkan kesejahteraannya," kata Ipuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Ratusan Anak Muda Banyuwangi

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Banyuwangi Azis Hamidi menambahkan, program ini dilaksanakan mulai 8 Juni hingga 12 Juli 2022 mendatang.

“Total pendaftar sebanyak 171 anak muda yang tergabung dalam 57 tim. Seluruh pendaftar saat ini telah mengikuti sesi workshop online sejak 4-8 Juli mendatang,” kata Azis.

Dari sesi tersebut akan dipilih sebanyak 100 talenta muda atau 33 tim yang berhak mengikuti tahap berikutnya. Yakni offline session yang dijadwalkan pada 11-12 Juli mendatang.

“Dalam sesi ini sebanyak 33 tim terpilih akan melakukan presentasi rintisan bisnis dan ide bisnisnya langsung di hadapan para juri,” kata Azis.

Selanjutnya, mereka juga bakal mengikuti pitching session untuk menyaring 10 tim terbaik yang berhak mendapatkan stimulus modal usaha senilai total Rp. 100 juta rupiah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.