Sukses

Akses Jalan 2 Desa di Banyuwangi Terputus Akibat Sungai Patemon Meluap

Liputan6.com, Banyuwangi Akses jalan di dua desa di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, terputus setelah air sungai Patemon meluap. Luapan air sungai tersebut membawa serta material lumpur, pasir, kayu dan bebatuan. Bahkan sempadan jalan di sekitar jembatan ambrol.

Banjir yang terjadi pada Rabu (6/7/2022) pukul 08.00 Wib, tersebut memutus jalan warga Desa Pesucen dan Desa Kelir. Akibatnya masyarakat di dua desa tersebut harus memutar sejauh 14 kilometer.

"Jika warga Pesucen mau ke Kelir Krajan, sementara bisa lewat jalan Akasia dari brak atau selatan Kantor Kecamatan Kalipuro," kata Kepala Desa Pesucen, Maksum Hasby, Rabu (6/7/2022).

Maksum mengatakan, lokasi jalan yang terkena dampak luapan sungai Patemon berada di barat Puskesmas Kelir tepatnya di Dusun Banjarbaru tikungan Patemon.

Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengatakan, luapan sungai diakibatkan hujan deras yang terjadi pada Selasa (5/7/2021) malam.

"Akhirnya debit air sungai meningkat dan meluap ke jalan," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Beruntung dalam bencana alam ini tidak ada korban jiwa. Air juga tidak sampai masuk rumah warga. Saat ini petugas gabungan mulai BPBD, TNI, Polri, relawan serta masyarakat setempat masih berupaya membersihkan sisa material banjir.

“Tim reaksi cepat gabungan saat  ini terus melakukan pembersihan sisa luapan air suangi. Sehinga ditargetkan jalan yang menghubungkan dua des aitu sehera bisa dilalui kendaraan,”pungkas Ilzam

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.