Sukses

Masjid Al-Jabbar, Kado Warga Jabar untuk Penyintas Gunung Semeru

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih atas donasi yang berupa masjid untuk masyarakat di Bumi Semeru Damai.

Liputan6.com, Lumajang - Masjid untuk penyintas erupsi Gunung Semeru akan segera dibangun di kawasan relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Masjid Yang diberi nama Al-Jabbar tersebut, merupakan hasil donasi yang dikumpulkan oleh Jabar Bergerak, sebuah organisasi non politik dan non pemerintahan yang mewadahi anak muda Jawa Barat untuk berkolaborasi dalam berbagai aksi kemanusiaan.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih atas donasi yang berupa masjid untuk masyarakat di Bumi Semeru Damai.

Dia berpesan, dalam pembangunan masjid tersebut agar melibatkan masyarakat sekitar sebagai pekerja. Selain untuk membantu perekonomian, juga membangkitkan rasa memiliki terhadap masjid Al-Jabbar tersebut.

"Saya titip betul, nanti pekerjaanya dari sini ya. Saya juga ingin tetap ada pendampingan dari Jabar Bergerak, nanti tetap difasilitasi temen-temen yang ada di sini," ungkapnya, Kamis (7/7/2022).

Neneng Hayati, Waketum Bidang Aksi dan Pengabdian Masyarakat Jabar Bergerak menyampaikan, donasi untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang cukup besar. Sehingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta agar bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pembangunan masjid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didesain oleh Ridwan Kamil

"Donasi yang terkumpul itu di luar ekspestasi kami, sesuai arahan dari Bapak Ridwan Kamil kalau begitu ada tanda cinta dari warga Jawa Barat berupa masjid Al Jabbar. Semoga niat baik itu akan segera terlaksana," ujat dia.

Masjid yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil itu nantinya akan diberi nama Al- Jabbar, yang merupakan salah satu nama yang terdapat dalam Asmaul Husnah. Selain itu agar hubungan persaudaraan masyarakat Jawa Barat dengan masyarakat Lumajang selalu terjaga dan terkenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.