Sukses

Tidak Sanggup Merawat, Warga Surabaya Serahkan Buaya hingga Ular ke BKSDA

 

Liputan6.com, Surabaya - Kwee Tjie San (77) warga Jalan Gumuk Bogo Sukomanunggal Surabaya, memutuskan menyerahkan sejumlah hewan piaraannya ke pihak berwenang, karena   sudah tidak mampu memelihara di rumahnya.

Intan Rahastin, salah satu petugas di grup Kedaruratan 112 Surabaya menyatakan, pihaknya menerima laporan kejadian itu.

"Iya benar, beliau mengaku sudah tidak mampu memelihara hewan liar tersebut," ujar Intan, Minggu (10/7/2022).

Hewan liar tersebut adalah satu ekor buaya berukuran 1,2 meter dan berdiameter 25 centimeter. Dua ekor monyet. Satu ekor ular ukuran satu meter dan berdiameter 10 sentimeter. Serta satu ekor biawak ukuran satu meter dan berdiameter 15 centimeter.

"Pemilik hewan menghubungi kami di 112 Command Center Surabaya, untuk mengevakuasi hewan liar itu," ucap Intan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Pengkondisian

Intan mengungkapkan, selanjutnya DPKP Kota Surabaya dan BPBD Kota Surabaya, mendatangi lokasi dan langsung melakukan pengkondisian hewan liat tersebut.

"Sesuai permintaan dari pemilik hewan, untuk pemeliharaan seluruh hewan liar itu diserah terimakan kepada rekan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam)," ujar Intan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.