Sukses

Minim Peminat, Beasiswa Pelajar SMA Surabaya Tidak Menarik?

Khusnul menyayangkan petunjuk teknis (juknis) beasiswa SMA sederajat ini baru diberikan ke Komisi D. Padahal juknis sudah ditandatangani kepala dinas pada 29 Maret 2022.

Liputan6.com, Surabaya - Program beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya untuk pelajar SMA sederajat 2022 minim pendaftar, meski sudah diperpanjang dua kali.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah meminta Pemkot Surabaya memasifkan sosialiasi program beasiswa ini sebab hingga gelombang ketiga pendaftaran, jumlah pendaftar masih jauh dari kuota yang diberikan.

"Pendaftaran beasiswa bagi pelajar SMA sederajat sudah diperpanjang dua kali. Namun ternyata pendaftarnya hanya 5 ribu siswa pada saat penutupan pada 8 Juli 2022 lalu. Padahal kuota beasiswa sebanyak 13.415," ujar Khusnul, Selasa (12/7/2022), dikutip dari Antara.

Khusnul menduga, minimnya pendaftar karena kurangnya sosialisasi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya selaku perangkat daerah yang bertanggung jawab melaksanakan program ini.

"Saya minta agar sosialisasi lebih digencarkan. Manfaatkan jaringan yang ada, seperti RT, RW, organisasi pemuda atau komunitas pemuda lainnya. Sebab program ini menyasar kepada para pemuda jenjang menengah atas," kata dia.

Khusnul menyayangkan petunjuk teknis (juknis) beasiswa SMA sederajat ini baru diberikan ke Komisi D. Padahal juknis sudah ditandatangani kepala dinas pada 29 Maret 2022. 

"Seandainya Komisi D tahu juknisnya, kami bisa memberikan masukan-masukan agar program beasiswa ini sukses," ujar dia.

Pendaftaran beasiswa yang ditutup pada 8 Juli 2022 lalu itu merupakan perpanjang yang kedua. Sebelumnya, pemkot sudah membuka pendaftaran sejak 17-24 Juni 2022. Namun karena masih belum banyak pendaftar, diperpanjang hingga 30 Juni 2022. 

Meski sudah diperpanjang, masih saja belum banyak yang mendaftar. Akhirnya Pemkot Surabaya memutuskan untuk memperpanjang lagi masa pendaftaran hingga 8 Juli 2022. Rencananya pemkot dalam waktu dekat ini juga akan membuka pendaftaran lagi. 

"Saya tekankan agar memasifkan sosialisasinya, agar pada pendaftaran berikutnya jumlah banyak," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Sekolah

Sesuai juknis, beasiswa ini berupa bantuan pendidikan yang diperuntukkan membeli buku, uang saku dan lainnya yang nilainya sebesar Rp200 ribu. Selain itu, siswa juga diberikan seragam pramuka, abu-abu, sepatu dan dua kaos kaki yang diberikan satu kali pada saat tahun ajaran baru.

Kepala Disbudporapar Surabaya Wiwiek Widayati sebelumnya mengatakan, beasiswa SMA/SMK/MA sederajat itu awalnya dibuka pendaftarannya mulai 17--24 Juni, kemudian diperpanjang hingga 30 Juni, dan karena saat ini para pelajar Surabaya sedang libur akhirnya diperpanjang lagi hingga 8 Juli 2022.

"Jadi, karena saat ini adik-adik pelajar ini sedang libur dan kami pikir mereka belum fokus pada pendaftaran beasiswa ini, maka setelah kami melakukan berbagai pertimbangan akhirnya kami putuskan untuk memperpanjang lagi pendaftarannya hingga 8 Juli 2022," ujar dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.