Sukses

Konsumsi Daging Warga Pamekasan Menurun Drastis, Gegara Wabah PMK?

Indah Kurnia menjelaskan kampanye gerakan makan daging sapi ini telah digelar sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada ajang Pasar Tani Gelak di Kecamatan Pakong, Pamekasan.

Liputan6.com, Pamekasan - Wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan membuat minat makan daging warga Pamekasan, Jawa Timur menurun. Untuk itu, pemerintah setempat terus mengampanyekan gerakan makan daging.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kabupaten Pamekasan Indah Kurnia Sulistiorini sejak wabah PMK menyerang sapi warga, tingkat konsumsi daging sapi di kalangan masyarakat menurun.

"Dan rendahnya konsumsi daging sapi ini, karena timbul pemahaman yang salah di kalangan masyarakat, yaitu penyakit sapi itu bisa menular kepada manusia. Padahal sebenarnya tidak," katanya di Pamekasan, dilansir dari Antara, Selasa (12/7/2022).

Hanya saja, sambung dia, proses memasak daging sapi memang harus memenuhi ketentuan. Di antaranya, proses pemasakan minimal selama 30 menit dalam suhu 70 derajat selsius.

Selain itu, pada daging sapi pada bagian-bagian tertentu disarankan untuk tidak dimasuk, seperti jeroan, bibir dan kuku sapi.

Indah Kurnia lebih lanjut menjelaskan, tim kesehatan hewan perlu menyampaikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, agar tidak salah paham.

Kasus ini, sambung dia, berdampak dari segi pemenuhan protein hewani dan ekonomi masyarakat.

Indah Kurnia menjelaskan kampanye gerakan makan daging sapi ini telah digelar sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada ajang Pasar Tani Gelak di Kecamatan Pakong, Pamekasan.

Kala itu, DKPPP menyediakan sebanyak delapan kilogram daging sapi dan dihidangkan kepada pengunjung berupa bakso.

"Saat kegiatan itu, memang banyak yang makan. Tapi jika dalam bentuk daging murni seperti sate dan gule, warga tetap tidak mau," katanya.

Di Pamekasan warga biasanya mengonsumsi daging dengan cara menyembelih sapi secara patungan saat menyambut Hari Lebaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menolak Pemberian Daging

Namun, pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, tak satupun warga di Pamekasan yang menyembelih sapi, bahkan daging sapi kurban yang diberikan panitia kepada warga banyak yang tidak dikonsumsi. Salah satunya seperti yang disampaikan Hamidah, warga Desa Larangan, Pamekasan.

Pada Minggu (10/7), ia menerima daging sapi kurban dari panitia kurban yang tidak jauh dari rumahnya. Namun, keluarga Hamidah tidak ada yang mau mengonsumsi daging tersebut hingga akhirnya diberikan lagi kepada tetangga lainnya.

"Tapi, tetangga saya juga tidak ada yang mau. Padahal sebelum ada penyakit sapi ini, tetangga saya termasuk keluarga saya biasa mengonsumsi daging sapi," katanya, menuturkan.

Hamidah dan warga di desa ini khawatir, daging sapi yang diterima panitia berpenyakit PMK, sehingga apabila dikonsumsi bisa menular.

"Pemahaman seperti itu banyak di masyarakat kita di Pamekasan ini. Karena itu, kampanye dan sosialisasi tentang gerakan makan daging sapi ini terus kami gelar," kata Plt Kepala DKPPP Indah Kurnia Sulistiorini, menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.