Sukses

Sidak Lapas Sidoarjo, Petugas Temukan Benda-Benda Ini

Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim secara acak langsung menuju kamar hunian narapidana kasus narkotika tepatnya di blok A.

Liputan6.com, Surabaya - Kadivpas Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo memimpin penggeledahan blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo.

“Kali ini kami fokus ke kamar hunian kasus narkoba dan kamar tahanan pendamping,” ujar Teguh, Rabu (13/7/2022).

Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim secara acak langsung menuju kamar hunian narapidana kasus narkotika tepatnya di blok A. Tim memeriksa satu persatu barang barang terlarang yang berada di kamar warga binaan.

“Tetap dengan sikap humanis, kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan untuk memeriksa kamar mereka satu persatu,” ucap Teguh.

Tak ketinggalan juga bagian dapur, musala, brandgang pun diperiksa. Dari beberapa kamar dan tempat yang digeledah, ditemukan benda elektronik, uang tunai, peralatan pertukangan dan beberapa benda tajam.

“Dengan disaksikan oleh kalapas beserta staf, seluruh barang temuan hari ini dimusnahkan,” ujar Teguh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Langsung

Penggeledahan ini sebagai salah satu evaluasi kunjungan langsung secara terbatas. Menurut Teguh, kunjungan langsung setelah dua tahun ditiadakan berpotensi dimanfaatkan oknum-oknum untuk menyelundupkan barang terlarang.

“Kami telah memerintahkan seluruh jajaran untuk aktif deteksi dini maupun penggeledahan agar lapas/rutan bersih narkotika,” ucapnya. 

Tidak itu saja, Teguh juga memerintahkan jajarannya agar teliti dalam memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama yang akan dibawa masuk ke dalam ruang besuk.

Dari sisi warga binaan, pihaknya telah mengimbau agar membantu petugas lapas menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya dengan tidak menyalahgunakan narkotika. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.