Sukses

Eri Cahyadi Dinobatkan Jadi Penggerak Koperasi Terbaik Se-Indonesia, Apa Resepnya?

 

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dinobatkan sebagai penggerak koperasi terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini diraihnya lantaran berhasil menggerakkan kehidupan masyarakat bersama-sama dengan model gotong royong koperasi.

Menerima penghargaan itu, Eri Cahyadi berucap syukur dan mendedikasikannya untuk seluruh warga Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah dengan kekuatan gotong royong di Surabaya maka kami diberikan penghargaan penggerak koperasi terbaik," kata Wali Kota Eri Cahyadi, dilansir dari Antara, Kamis (14/7/2022).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari dan diterima langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi.

Bagi Eri, penghargaan ini bukan untuk wali kota, tapi penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Surabaya, karena filosofi dari koperasi adalah gotong royong, ketika satu berhasil maka berhasil semua, dan ketika satu gagal maka gagal semuanya.

"Ini seperti yang disampaikan oleh Bung Hatta, sehingga kita harus menjalankan semua itu menjadi kekuatan gotong royong. Gotong royong di Surabaya dinilai berhasil. Tentunya ini keberhasilan bersama seluruh warga Surabaya," ujar Eri.

Saat ini, di Surabaya bisa dilihat ada yang namanya aplikasi e-Peken, ada pula UMKM jahit yang mengerjakan seragam sekolah. Semua itu digerakkan oleh UMKM yang ada di bawah naungan koperasi.

"Ini dilakukan untuk memberikan pekerjaan bagi MBR dan warga yang tidak memiliki pekerjaan, karena kami menargetkan setiap KK memiliki pendapatan minimal Rp2,5 juta sampai Rp3 juta. Itu kami bentuk koperasi dan itu menjadi salah satu penilaian dalam penghargaan ini," kata dia.

Adapun kunci sukses Kota Surabaya mendapatkan penghargaan ini adalah masyarakat Surabaya yang mempunyai jiwa toleransi yang tinggi dan mempunyai jiwa saling tolong-menolong yang tinggi, sehingga membangun Surabaya dengan kekuatan gotong royong itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

UMKM Bakal Dinaungi Koperasi

Kalau melihat ada yang lemah, lanjut dia, maka yang kuat membantu, dan itu dibuktikan dengan kekuatan bersama ketika menggerakkan ekonomi kerakyatan di Surabaya.

"Ketika ekonomi kerakyatan digerakkan, maka lahirlah rumah padat karya, baik di bidang laundry, di bidang jahit, di bidang magot, juga di bidang kafe shop dan lainnya," kata Eri.

Menurut Eri, itu semua dikerjakan oleh para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan bahkan warga yang belum punya pekerjaan juga dicarikan pekerjaan, sehingga kekuatan tersebut yang bisa menjadikan Surabaya mendapatkan penghargaan.

Meskipun sudah mendapatkan penghargaan Penggerak Koperasi Terbaik se-Indonesia, namun Wali Kota Eri mengaku tidak akan cepat puas diri. Bahkan, dia mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk terus memajukan koperasi di Kota Pahlawan.

"Ke depan, semua UMKM di Surabaya akan dinaungi oleh koperasi seperti yang digagas oleh Bung Hatta," kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS