Sukses

Ini Penyebab Harga Bawang Merah di Jember Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Liputan6.com, Jember - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember, Jawa Timur mencatat harga komoditas bawang merah di sejumlah pasar tradisional masih tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, Bambang Saputro mengatakan, tingginya harga bawang merah yang berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram itu sudah berlansung hampir dua pekan.

"Laporan yang kami terima, harga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan, yakni bawang merah, cabai rawit, cabai besar, daging ayam ras, tomat, dan telur ayam ras," kata dia di Jember, dilansir dari Antara, Selasa (19/7/2022).

Harga bawang merah di Pasar Tanjung Jember per Selasa ini mengalami kenaikan dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu per Kg, sedangkan di Pasar Kebonsari Rp60 ribu per Kg, dan di Pasar Kreyongan lebih tinggi dibandingkan Pasar Tanjung dan Pasar Kebonsari yakni mencapai Rp70 ribu per Kg.

"Dari 24 pasar di berbagai kecamatan dan kota yang disurvei oleh petugas terpantau bahwa harga bawang merah tertinggi di Pasar Bangsalsari yakni mencapai Rp80 ribu perkilogram, sedangkan beberapa pasar harganya bervariasi dari Rp55 ribu hingga Rp75 ribu perkilogram," tuturnya.

Ia mengatakan tingginya harga bawang merah di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Jember karena pasokan dari luar daerah berkurang seperti sentra bawang merah di Kabupaten Probolinggo.

"Tidak hanya bawang merah, harga komoditas pangan seperti cabai masih mengalami kenaikan karena masih banyak petani yang belum panen di Jember dan beberapa kabupaten tetangga," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai

Ia mengatakan harga cabai rawit di 24 pasar tradisional di Jember masih bervariasi yakni berkisar Rp60 ribu hingga Rp100 ribu per Kg, sedangkan cabai merah besar berkisar Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per Kg.

"Belum adanya panen raya dan tingginya biaya jasa transportasi juga menjadi salah satu penyebab harga cabai merangkak naik, bahkan pasokan cabai dari luar daerah seperti kabupaten tetangga juga berkurang ke Jember," ujarnya.

Harga telur ayam ras juga naik dari Rp27 ribu menjadi Rp28 ribu per Kg dan harga daging ayam ras kini mencapai Rp40 ribu per Kg, padahal sebelumnya kisaran Rp35 ribu hingga Rp37 ribu per Kg.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS