Sukses

Sidak Pasar Rogojampi Banyuwangi, Wamendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Turun

Liputan6.com, Banyuwangi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur. Sidak tersebut untuk memastikan harga sejumlah kebutuhan pokok sudah turun.

“Ini saya untuk memastikan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok sudah mulai turun. Jadi saya coba turun langsung ke pasar dan ternyata benar  sejumlah kebutuhan pokok sudah turun tadi," papar Jerry Sambuaga, di Banyuwangi, Rabu (20/7/2022) di Pasar Rogojampi Banyuwangi.

Menurut Jerry, Turunya harga kebuhutan pokok ini sebagai  keberhasilan pemerintah pusat dan daerah dalam mensetabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran.

“Ini upaya keras pemerintah baik pusat maupun daerah agar harga kebutuhan pokok di pasaran ini tetap satbil,” tambahnya.

Salah satu kebutuhan pokok yang turun yaitu minyak goreng curah di Pasar Rogojampi Rp12.000 per liternya. Padahal HET dari pemerintah dipatok Rp14.000 per liternya.

“Tadi seperti harga minyak goreng di sini harganya justru dibawah HET, itu artinya juga sudah turun harga minyak goreng,” kata Jerry.

Sementara itu, untuk harga cabai rawit yang sempat naik hingga Rp100.000 per kilogranya, turun menjadi Rp55.000 per kilogramnya. Sedangkan harga daging sapi juga ikut turun dari Rp130.000 menjadi Rp120.000 per kilogram.

“Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah Banyuwangi, yang turut andil mensetabilkan harga, bahkan ini bisa menjadi contoh di pasar- pasar lainya,” ujar politisi paratai Golkar itu.

Dia berharap harga kebutuhan pokok di Indonesia akan terus stabil. Namun kuncinya kata Jerry yaitu ketersedian barang di pasaran. suplai lancer maka harganya akan tetap stabil.

“Kuncinya ada pada suplai, jika suplainya lancer, stok cukup maka harga akan tetap stabil. Kami pemerintah pusat akan terus memantau Bersama pemerintah daerah terkait kesetabilan harga di pasaran,” tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sudah Sepekan Turun

Sementara itu, salah satu pedagang di pasar Rogojampi Sariyati mengaku memang, sejumlah kebutuhan pokok sudah mulai turun. Kata dia turunya harga kebutuhan pokok ini terjadi hampir satu pekan ini.

“Iya memang mulai turun, ada satu minggu ini. Seperti cabe rawit itu, sekarang harganya jadi Rp 55.000 per kilogramnya, kalau cabe besar Rp50.000 per kilogranya,” kata Sariyati.

Kata dia, turunya sejumlah kebutuhan pokok ini, juga berdampak pada daya beli pelanggan yang juga ikut naik. Menurutnya seperti komuditi cabai yang sebelumnya dalam sehari terjual 5 kilogram, sekarang sudah bisa mencapai 10 hingga 15 kilogram.

“Alahmdulillah turunya harga ini pembeli ramai. Cabai laku keras sekarang, sehari bisa sampai 15 kilogram biasanya  paling banyak 5 kilogram lakunya. Semoga harga tetap stabil biar pembeli semakin banyak,” harap Sariyati.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS