Sukses

Emil Dardak Peringkat Pertama Tokoh Muda Potensial Cagub Jatim 2024 Versi ARCI

Emil menjadi tokoh muda dengan elektabilitas tertinggi karena muda dan cerdas. Apalagi, jabatan Emil sebagai Wagub Jatim dan Ketua Demokrat Jatim, membuatnya makin populer.

Liputan6.com, Surabaya - Emil Elistiano Dardak menempati peringkat pertama ketegori tokoh muda potensial Calon Gubernur (Cagub) Jatim 2024 versi lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

"Emil Dardak menjadi tokoh muda dengan elektabilitas tertinggi sebesar 14,6 persen," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siraijt di Surabaya, Rabu (20/7/2022).

Suami dari Arumi Bachsin ini menjadi tokoh muda dengan elektabilitas tertinggi karena muda dan cerdas. Apalagi, jabatan Emil sebagai Wagub Jatim ditambah Ketua Demokrat Jatim membuatnya makin populer.

"Faktor utama karena Emil Dardak tokoh muda yang cerdas, dan memang saat ini masyarakat semua mengetahui sosok Emil sebagai Wagub Jatim dan kinerjanya baik," ucapnya.

Baihaki menyebut, elektabilitas Emil Dardak yang tinggi baik sebagai tokoh muda atau cagub/cawagub berpotensi mengerek elektabilitas Partai Demokrat.

"Karena Emil ini baru beberapa bulan memimpin Demokrat, tentunya potensi beliau dengan elektabilitas yang dimiliki bisa mendongkrak suara Demokrat. Tinggal bagaimana Emil Dardak turun ke grassroot menyapa masyarakat, tidak hanya sebagai Wagub, tapi Ketua Demokrat," ujarnya.

Baihaki mengungkapkan, ada tokoh muda lain yang berpotensi maju di Pilgub Jatim baik sebagai Cagub atau Cawagub, yakni Eri Cahyadi, Ahmad Yani hingga M Fawait.

"Namun, yang belum menjawab atau tidak tahu masih tinggi yakni sebesar 58 persen," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Besar

Diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 Persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut lima besar hasil survei ARCI elektabilitas tokoh muda yang berpotensi maju di Pilgub Jatim: 1. Emil Elestianto Dardak: 14,6 persen

2. Eri Cahyadi: 4,25 persen

3. Ahmad Yani: 4 persen

4. Muhammad Fawait: 3,83 persen

5. Bayu Airlangga: 3,6 persen

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.