Sukses

4 Partai Baru Sowan KPU Banyuwangi, Siap Ikut Pemilu 2024

Empat partai baru berpotensi menjadi peserta pemilu 2024 akan datang di Kabupaten Banyuwangi. Paratai baru tersebut yaitu, Partai Umat, Partai Buruh, Partai Glora dan Partai Prima

Liputan6.com, Banyuwangi Empat partai baru, yaitu Partai Umat, Partai Buruh, Partai Glora dan Partai Prima berpotensi menjadi peserta pemilu 2024 di Banyuwangi.

“Ada empat partai pendatang baru yang telah koordinasi kepada kami,”ujar Koordinator Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Ari Mustofa, Selasa (26/7/2022).

Kata Ari, para pengurus partai baru tersebut selain koordinasi, mereka juga telah menyerahkan SK Kepengurusan paratai tingkat Banyuwangi.

“Mereka datang ke KPU Banyuwangi menyerahkan Salinan SK Kepengurusan partai tingkat kabupaten. Istilahya permisi lah sebagai pendatang baru,”tambah Ari

Menurut Ari, ada beberapa syarat jika ingin menjadi peserta pemilu 2024. Di antaranya, sudah terdaftar, adanya kepengurusan di setiap perovinsi, minimal ada 75 persen kepengurusan di tingkat kabupaten/kota dalam satu provinsi.

Sementara itu, jumlah keanggotan yang harus dimiliki setiap partai di setiap kabupaten/kota harus mengacu pada jumlah penduduk di daerah itu sendiri.

“Di Banyuwangi ada 1 juta lebih penduduknya. Maka jumlah anggota yang harus dimiliki setiap partai minimal 1.000 lebih orang anggota. Tentunya dibuktikan dengan adanya nama anggota yang sudah masuk ke KPU,”papar Ari.

Ari menambahkan, selain partai pendatang baru yang koordinasi ke KPU Banyuwangi, ada juga sejumlah partai lama non parlemen yang melakukan kordinasi. Diantaranya PKP, dan Partai Bulan Bintang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Sementara itu, untuk tahapan Pemilihan Umum 2024 saat ini sudah dimulai. Tahapan pemilu 2024 diawali dengan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan  penyelenggaraan pemilu  yang dimulai sejak 14 Juni hingga 14 Juni 2024 mendatang.

Sedangkan proses pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu 2024 dimulai  tanggal 29 Juli 2022 hingga 13 Desember 2022  mendatang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.