Sukses

5 Ribu Bibit Mangrove Cegah Abrasi Pantai di Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi bersama Lanal Banyuwangi melakukan penanaman 5 ribu bibit mangrove di Pantai Cemara dalam rangka hari Mangrove Dunia.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi bersama Lanal Banyuwangi melakukan penanaman 5 ribu bibit mangrove di Pantai Cemara dalam rangka hari Mangrove Dunia.

“Ini dalam rangka memperingati Hari Mangrove se-dunia yang jatuh 26 Juli sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan ke-77,” jelas Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori, Rabu (27/7/2022).

Ansori menambahkan, kegiatan yang sama juga dilakukan di 77 titik di seluruh Indonesia. Khusus di Banyuwangi dilakukan di kawasan Pantai Cemara dan Pantai Teluk Pang Pang. Total ada 5 ribu bibit mangrove yang ditanam.

“Di Pantai Cemara 3.500 pohon dan pantai Pang Pang 1.500 pohon, total semua 5.000 pohon,” tegasnya.

Dia berharap seluruh pohon mangrove tersebut bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu pihaknya sudah bekerja sama dengan Pokmaswas, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan hidup untuk perawatan pohon mangrove yang sudah ditanam.

“Kita diedukasi, tadi disampaikan bagaimana cara penanaman dan perawatan. Nanti akan kita pantau terus bagaimana perkembanganya. Harapannya semua tumbuh,” tegasnya.

Wakil Bupati Sugirah mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tindakan preventif untuk mengatasi dan mencegah abrasi pantai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Ekosistem

Menurutnya, Pemkab Banyuwangi secara bersama-sama mendukung kegiatan tersebut. Dia menyebut, kegiatan serupa juga sudah dilakukan di beberapa tempat seperti di wilayah pantai Pancer, Pulau Merah, di wilayah Wongsorejo dan beberapa tempat lain.

“Dengan cara-cara seperti ini kita semua berharap ekosistem pantai bisa terjaga dengan baik,” jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.