Sukses

Gunung Raung Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter

Liputan6.com, Banyuwangi Gunung Raung di Jawa Timur kembali erupsi pada Rabu petang (27/7/2022). Asap coklat terlihat membumbung tinggi. Gunung yang terletak di perbatasan tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Jember dan Bondowoso itu mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1500 meter dari atas puncak.

Gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengeluarkan abu vulkanik pada kurun waktu pukul 17.19 - 17.28 Wib

"Betul, Gunung Raung erupsi," kata Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo, Rabu (27/7/2022).

Laporan sementara, abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke Bondowoso dan Jember. "Mengarah ke barat daya," ungkap Mukijo.

Meski mengalami erupsi, status gunung type strombolian itu masih level I atau normal.

"Sampai malam ini belum terekam adanya erupsi susulan. Masih terus kami pantau," tambah Mukijo.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik, sebab  hingga sat ini tidak terjadi letusan susulan. "Hingga malam ini tidak ada letusan susulan,”pungkasnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Kaldera 500 Sedalam Meter

Diketahui, Gunung Raung memiliki kaldera dengan kedalaman sekitar 500 meter dan selalu berasap serta sering menyemburkan api.

Gunung Raung juga termasuk gunung api tua dengan kaldera yang berada di puncak dan dikelilingi dengan banyak puncak kecil.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.