Sukses

75 Ribu Balita di Probolinggo Masuk Target Imunisasi Measles dan Rubella

Liputan6.com, Probolinggo - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Shodiq Tjahjono menyatakan, pihaknya menargetkan 75.797 anak usia 9-59 bulan menerima diimunisasi MR (Measles dan Rubella) pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang tuntas Agustus ini.

“Ketersediaan logistik pada saat ini kita sudah siap 91.950 dosis untuk MR. Tersebar di 33 puskesmas dan sebagian tersimpan di gudang farmasi Kabupaten Probolinggo,” katanya, Selasa (2/8/2022).

Shodiq menjelaskan Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu dari 8 kabupaten dan kota di Jawa Timur yang sudah mempunyai cold room.

“Kita sudah mempunyai kamar dingin yang bisa menyimpan vaksin atau obat-obatan yang harus disimpan di dalam kondisi tertentu yang cukup banyak,” jelasnya.

Selain itu jelas Shodiq, ada juga tiga lemari penyimpanan vaksin standart WHO. Kemudian di 33 puskesmas sudah mempunyai 43 lemari penyimpnan vaksin standart WHO dan semuanya berfungsi dengan baik dilengkapi dengan 282 vaksin carier standart WHO.

 “Untuk rantai dingin Insya Allah kita sudah sangat cukup,” terangnya.

Tidak hanya itu terang Shodiq, ada rumah sakit yang sudah mempunyai tempat penyimpanan vaksin berupa 6 lemari es yang tersebar di 6 rumah sakit negeri dan swasta di Kabupaten Probolinggo.

“Sumber daya manusia vaksinator yang ada di lapangan kita cukup ada dokter, bidan dan perawat serta tenaga kesehatan yang lain,” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Libatkan Posyandu

Shodiq menambahkan pelaksanaan vaksinasi MR ini nantinya akan dikonsentrasikan pada posyandu-posyandu di Kabupaten Probolinggo. Jumlah fasilitas kesehatan yang siap sebagai tempat pelayanan vaksinasi MR ada 33 puskesmas dan 6 rumah sakit negeri atau swasta.

"Imunisasi MR ini akan melibatkan sejumlah 1.320 posyandu," pungkasnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS